Implementasi Model Pembelajaran STEM Terhadap Kreativitas Melalui Projek Ecoprint

Abstract Views : 40 / Downloads Count: 55

Authors

  • Meti Damayanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Billyardi Ramdhan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Setiono Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.6150

Keywords:

Elaborasi, Plantae, Teknik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari beberapa permasaahan peserta didik dalam hal kreativitas yang masih belum optimal. Ini ditunjukkan oleh fakta bahwa guru sering mendominasi kegiatan pembelajaran didalam kelas. Sehingga peserta didik belum mamp untuk mengembangkan kreativitasnya degan menciptakan dan memberikan ide atau gagasan, kurang percaya diri pada hasil karya sendiri, dan takut mencoba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran STEM terhadap kreativitas melalui ecoprint. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan hasil pengolahan data dimuat dalam bentuk tabel. Desain penelitian kali ini menggunakan pre-eksperimental dengan sampel kelas X semester genap di SMA Negeri 1 Kabandungan pada materi plantae, instrument yang digunakan antara lain lembar kuesioner, angket respon dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran STEM melalui projek ecoprint mempengaruhi kreativitas peserta didik. Hal ini dapat ditinjau dari nilai rata-rata yang diperoleh dari setiap indikator kreativitas dengan nilai 70 dikategorikan baik. Kemudian didukung dengan respon peserta didik dengan nilai rata-rata 75 dengan kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961

Andini, D., & Supriadi, N. (2018). Media Animasi Menggunakan Macromedia Flash Berbasis Pemahaman Konsep Pokok Bahasan Persegi dan Persegi Panjang. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 149. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2278

Avianti, R. A. (2015). Pengembangan Tes Kreativitas. Jurnla Pendidikan Universitas Negeri, 91–98.

Daud, A. M., Omar, J., Turiman, P., & Osman, K. (2012). Creativity in Science Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 467–474. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.302

Dwi Ariana, P., & Dicky Hastjarjo, T. (2018). Pengaruh Perhatian Terbagi Terhadap Kesadaran Situasi. Jurnal Psikologi, 17(1), 87–96.

Dwi Wulandari, R., Putri, K., & Laksono, A. D. (2020). Socioeconomic Disparities in Antenatal Care Utilisation in Urban Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change. Www.Ijicc.Net, 14(2), 498. www.ijicc.net

Fajriah, U. ., & Sudarma. (2017). Pengaruh praktik kerja industri, motivasi memasuki dunia kerja, dan bimbingan karir pada kesiapan kerja siswa. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 421–432. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155.

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Id, S. (2023). J23.

Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518

Nugroho, O. F., Permanasari, A., & Firman, H. (2019). Program Belajar berbasis STEM untuk Pembelajaran IPA: Tinjauan Pustaka, dengan Referensi di Indonesia. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 117. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/328

Nurcahyanti, D., & Septiana, U. (2018). Handmade Eco Print as a Strategy to Preserve the Originality of Ria Miranda’s Designs in the Digital Age. Mudra Jurnal Seni Budaya, 33(3), 395. https://doi.org/10.31091/mudra.v33i3.543

Of, D., Module, S., On, B., Science, I., In, M., & Law, N. S. (2021). Misbahul Jannah, Wati Oviana, Iin Nurhalizha. 13(1), 83–94.

Ratna, R. D., Ratnasari, J., & Ramdhan, B. (2019). Pengaruh Field Trip Berbasis Scienctific Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Utile: Jurnal Kependidikan, 86–97. https://www.jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/444

Shafiul Amri, M., Agus Sudjimat, D., & Nurhadi, D. (2020). Mengkombinasikan Project-Based Learning dengan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknikal dan Karakter Kerja Siswa SMK. Februari, 43(1), 41–50.

Susilo, H., & Sudrajat, A. K. (2020). STEM Learning and its Barrier in Schools: The Case of Biology Teachers in Malang City. Journal of Physics: Conference Series, 1563(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012042

Tabiin, A. (2020). Implementation of STEAM Method (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) for Early Childhood Developing in Kindergarten Mutiara Paradise Pekalongan. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 2(2), 36–49. https://doi.org/10.23917/ecrj.v2i2.9903

Wahajah, S., & Wahyuni, E. S. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sub Materi Kingdom Plantae Dengan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Di Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(6), 1–12.

Zakaria. (2020). Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD / MI. Dirasah, 03(2), 106–120. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Damayanti, M., Ramdhan, B., & Setiono, S. (2024). Implementasi Model Pembelajaran STEM Terhadap Kreativitas Melalui Projek Ecoprint . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.6150

Issue

Section

Articles