Identifikasi Kebugaran Jasmani Siswa SMK: Dampak Penghapusan Mata Pelajaran PJOK

Authors

  • Ashri Septiani Pratiwi Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Wening Nugraheni Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Firman Maulana Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5774

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dalam kurikulum sekolah yang memiliki peran penting dalam pendidikan menyeluruh, fokus pada aktivitas fisik, dan pembelajaran melalui gerakan. Namun, penghapusan mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di beberapa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah menimbulkan perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak penghapusan PJOK terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa SMK, khususnya kelas XII. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan cross-sectional dan mengambil sampel dari tiga SMK. Populasi dalam penelitian ini ialah kelas XII SMK dengan usia 16-19 tahun yang dilakukan secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa dari tiga SMK memiliki tingkat kebugaran jasmani yang kurang. Tingkat kebugaran "Kurang" dan "Kurang Sekali" mendominasi distribusi di semua sekolah. Penghapusan mata pelajaran PJOK berdampak pada penurunan kesempatan siswa terlibat dalam aktivitas fisik terarah, yang dapat memengaruhi kebugaran kardiorespiratori, kekuatan otot, fleksibilitas, dan keterampilan motorik siswa. Pengajaran PJOK juga penting untuk memberikan pemahaman tentang manfaat olahraga dan kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya kesehatan fisik dan merancang program-program untuk meningkatkan kebugaran jasmani mereka. Program ini dapat melibatkan latihan fisik teratur, edukasi gaya hidup sehat, dan kampanye untuk mendorong partisipasi dalam aktivitas fisik. Penelitian ini memberikan pemahaman lebih dalam tentang kondisi kebugaran jasmani siswa SMK dan menjadi dasar untuk merancang intervensi guna meningkatkan kesehatan fisik dan kebugaran siswa di masa depan.

Keywords:

Kebugaran Jasmani, siswa SMK, penghapusan mata pelajaran PJOK

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduljabar, B. (2011). Pengertian pendidikan jasmani. Ilmu Pendidikan, 36, 1991.

Andrade, S., Lachat, C., Ochoa-Aviles, A., Verstraeten, R., Huybregts, L., Roberfroid, D., ... & Cardon, G. (2014). A School-Based Intervention Improves Physical Fitness in Ecuadorian Adolescents: A Cluster-Randomized Controlled Trial. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 11(1), 153.

Azhuri, I. R., Purbangkara, T., & Nasution, N. S. (2021). Physical Education Learning Motivation Survey for Extraordinary School Students All Karawang Regency. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 96–103.

Bryantara, O. F. (2016). Faktor yang berhubungan dengan kebugaran jasmani vo2maks atlet sepakbola. Jurnal berkala epidemiologi, 4(2), 237-249.

Darmanto, F., Natal, Y. R., & Bile, R. L. (2022). Pengembangan Model Lari Bolak Balik Sebagai Bentuk Latihan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Siswa Kelas Vii Smp Citra Bakti. Jurnal Edukasi Citra Olahraga, 2(2), 78-87.

Eime, R. M., Young, J. A., Harvey, J. T., Charity, M. J., & Payne, W. R. (2013). A Systematic Review of The Psychological and Social Benefits of Participation in Sport for Children And Adolescents: Informing Development of A Conceptual Model of Health Through Sport. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 10(1), 98.

Erwansyah, A. A.. (2016). Pengaruh Permainan Lompat Kardus terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Menggantung dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 4(2).

Faridah, E. (2016). Mengajar Pendidikan Jasmani Melalui Permainan “Ide Kreatif Mengoptimalkan Aspek Pedagogis”. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 15(2), 38-53.

Firmansyah, H. (2009). Hubungan motivasi berprestasi siswa dengan hasil belajar pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1).

Furkan, F., Rusdin, R., & Shandi, S. A. (2021). Menjaga Daya Tahan Tubuh Dengan Olahraga Saat Pandemi Corona Covid-19. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1).

Gunarsa, S. D., & Wibowo, S. (2021). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani, 9(01), 43-52.

Hastuti, T. A. (2008). Kontribusi ekstrakurikuler bolabasket terhadap pembibitan atlet dan peningkatan kesegaran jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(1).

Maulana, G. W., & Bawono, M. N. (2021). Peningkatan Imunitas Tubuh Lansia Melalui Olahraga Pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 9(03), 211-220.

Mukhlis, N. A., Kurniawan, A. W., & Kurniawan, R. (2020). Pengembangan media kebugaran jasmani unsur kekuatan berbasis multimedia interaktif. Sport Science and Health, 2(11), 566-581.

Prabowo, A., Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Ilahi, B. R. (2022). Pengaruh Hemoglobin dan Motivasi terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SMK 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 212-222.

Prayoga, H. D., Fitrianto, A. T., Habibie, M., & Mustafa, P. S. (2022). Implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK kelas IX sekolah menengah pertama. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 21(1), 1-15.

Rokhmah, D. N. (2019). Hubungan faktor personal dan interpersonal dengan kepatuhan medikasi penderita TB paru di puskesmas wilayah surabaya utara. 1–96. http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84816%0Ahttp:///lib.unair.ac.id

Rivai, T. M. (2022). Kebugaran Jasmani Dan Self-Regulated Learning : Kondisi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Sari, I. P. T. P. (2013). Pendidikan kesehatan sekolah sebagai proses perubahan perilaku siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2).

Sepriadi, S. (2017). Kontribusi status gizi dan kemampuan motorik terhadap kesegaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 5(2), 194-206.

Sudibjo, P., Rismayanthi, C., & Apriyanto, K. D. (2021). Hubungan antara sindrom metabolik dengan kebugaran jasmani pada lansia. Jurnal Keolahragaan, 9(2), 159-167.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, N. P. D. S. (2016). Sehat dan bahagia dengan senam bugar lansia. Jurnal Penjakora Fakultas Olahraga dan Kesehatan, 3(1), 66-77.

Downloads

Abstract Views : 249
Downloads Count: 168

Published

2023-10-01

How to Cite

Pratiwi, A. S., Nugraheni, W., & Maulana , F. (2023). Identifikasi Kebugaran Jasmani Siswa SMK: Dampak Penghapusan Mata Pelajaran PJOK . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1719–1725. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5774

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>