Pendidikan Karakter Anak dalam Buku Cerita Anak Domba yang Nakal Kelas IV

Authors

  • Morina Anas Tasya Universitas Mataram
  • Muhammad Tahir Universitas Mataram
  • Dyah Indraswati Universitas Mataram
  • A. Hari Witono Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4582

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek penting yang harus ditanamkan dalam pembelajaran di sekolah. Salah satu media untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan adalah melalui cerita rakyat. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan kebiasaan siswa yang kurang baik sehingga diperlukan upaya untuk menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan muatan nilai karakter pada buku cerita Anak Domba yang Nakal. Buku ini diterbitkan oleh PT Cahaya Pustaka Raga yang ditulis oleh Renata Pohan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi, yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan triangulasi teknik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 32 Cakranegara dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 36 anak. Hasil penelitian ini mengungkap temuan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku cerita Anak Domba yang Nakal antara lain (1) Jujur, (2) Mandiri, (3) Demokratis, (4) Persahabatan, (5) Tolong Menolong, (6) Cinta Damai, (7) Berani, dan (8) Saling Memaafkan. Dengan temuan penelitian ini, guru dapat menanamkan nilai-nilai karakter tersebut kepada siswa melalui cerita Anak Domba yang Nakal. Pemahaman yang diberikan guru juga dapat memperkuat penanaman nilai kepada siswa sehingga menjadi individu yang berkarakter dan memiliki budi pekerti.

Keywords:

Pendidikan Karakter, Buku Cerita, Anak Domba yang Nakal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). Nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Sendang Widodari Kabupaten Kudus. Progres Pendidikan, 2(1), 1-6.

Budiman, M. (2012). Meninjau kembali hubungan antara sastra dan budi pekerti. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2).

Daniah, D. (2016). Kearifan lokal (local wisdom) sebagai basis pendidikan karakter. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 5(2).

Faiz, A., Robby, S. K. I., Purwati, P., & Fadilla, R. N. (2021). Penanaman Nilai-nilai Religius pada Orang Tua Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5853-5858.

Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017). The Study of Design Elements On Children’s Picture Books as the Media of Communication to Character Building for Early Childhood Education. 2nd–4th May 2017 Universiti Utara Malaysia, Sintok, Malaysia, 554.

Junaini, E., Agustina, E., & Canrhas, A. (2017). Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Seluma. Jurnal Ilmiah KORPUS, 1(1), 39–43. https://doi.org/10.33369/jik.v1i1.3202

Khasanah, U., Fathurohman, I. ., & Setiawan, D. . (2022). Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Genuk Kemiri. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 60–64. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1611

Komara, E. (2018). Penguatan pendidikan karakter dan pembelajaran abad 21. Sipatahoenan, 4(1).

Lailiyah, N., & Badi'ah, R. (2019). Problematika Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik di MTs Islamiyah Bulurejo Damarwulan Kepung Kediri. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam , 2 (1), 1-21.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Ningrum, C. H. C., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan karakter rasa ingin tahu melalui kegiatan literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69-78.

Putry, R. (2019). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39-54.

Sardiana, E. (2021). Analisis Nilai Karakter yang Terkandung pada Buku Fabel Anak (Doctoral dissertation, STKIP Bina Bangsa Getsempena).

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi guru di masa pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100-110.

Sugiyono, A. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, Cet. Ke-13.

Suryaman, M. (2010). Pendidikan karakter melalui pembelajaran sastra. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(3).

Sustroyorini, E. N. (2020). Meningkatkan Minat Baca Buku Cerita Dengan Metode Kupas Rangkai Suku Kata Pada Anak Usia 3-4 Tahun: Studi Kasus PAUD Ibu Sadar Dusun Nginjen Desa Pandanpancur Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 593-602.

Suwardani, N. P. (2020). “Quo Vadis” Pendidikan Karakter: dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat.

Wahyu, W. (2011). Masalah dan Usaha Membangun Karakter Bangsa. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture, 3(2), 168850.

Waryanti, E. (2015). Pembelajaran sastra berbasis karakter. Jurnal Ilmiah Buana Bastra, 2(2), 156-164.

Wulandari, R. A. (2015). Sastra dalam pembentukan karakter siswa. Jurnal Edukasi Kultura, 2(2), 63-73.

Downloads

Abstract Views : 190
Downloads Count: 206

Published

2023-05-14

How to Cite

Tasya, M. A., Tahir, M., Indraswati, D., & Witono, A. H. (2023). Pendidikan Karakter Anak dalam Buku Cerita Anak Domba yang Nakal Kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 623–629. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4582

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)