Penerapan Model Everyone Is a Teacher Here Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas V Pada Pembelajaran PKn

Abstract Views : 679 / Downloads Count: 579

Authors

  • Silvia Meirisa STKIP Muhammaiyah Sungai Penuh

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1024

Keywords:

Learning Motivation, PKn, Everyone Is A Teachere Here

Abstract

Latarbelakang permasalahan dalam penelitian ini dikarenakan rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran PKn, hal tersebut terlihat bahwa guru selalu menggunakan metode ceramah dan sedikit tanya jawab, sedangkan keberadaaan siswa sebagai seorang yang kreatif kurang diperhatikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatkan motivasi belajar siswa mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan dengan menggunakan model everyone is a teachere here. Adapun jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siswa kelas V SDN 138/III Tanjung Syam Kerinci yang berjumlah 13 orang adalah subjek dari penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dalam mengajukan pertanyaan diperoleh persentase pada siklus I dari 34,58% meningkat pada siklus II menjadi 76,92%, motivasi belajar siswa dalam menjawab pertanyaan diperoleh persentase pada siklus I dari 53,84% meningkat pada siklus II menjadi 80,76%, kemudian rata-rata nilai hasil belajar siklus I dari 65,38 meningkat pada siklus II menjadi 78,07. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model everyone is a teachere here di kelas V SD pada pembelajaran PKn.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, A. (2020). Kajian The Body Of Knowledge Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Konteks Pembelajaran Di Sekolah Dasar Sebagai Pendidikan Karakter. Dwija Inspira: Jurnal Pendidikan Multi Perspektif, 3(1), 13-26.

Astuti, A. (2016). Pengembangan Nilai-Nilai Kewarganegaraan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sma Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone. Jurnal Tomalebbi, 1(3), 19-26.

Farikhah, S. (2009). Keselarasan Pendidikan dengan Tingkat Perkembangan Anak. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(1).

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdi. (2011). Teori Kepribadian. Bandung: Upi SPs Press

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.

Musdalifah, M. (2019). Peserta Didik Dalam Pandangan Nativisme, Empirisme, Dan Konvergensi. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 243-251.

Rostini, T. (2018). Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Konsep Globalisasi dan Sikap Cinta Tanah Air melalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran PKn Kelas VI di SDN Nagrak 02 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(2), 171-184.

Samio, S. (2018). Aspek–Aspek Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 1(2), 36-43.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana

Shoimatul, U. (2013). Revolusi Belajar. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Simarmata, A. A. (2013). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kecemasan pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Udayana Vol. 1, No. 1.

Silberman, M. (2016). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Penerbit Nuansa

Suharsimi Arikunto, dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jarakarta: Bumi ksara.

Sudana, I. P. A., & Wesnawa, I. G. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 1-8.

Supriadi, A., & Matnuh, M. H. (2014). Internalisasi Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PKN Pada Siswa MAN 2 Model Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(8), 120462.

Taufik, T. & Muhammadi. (2009). Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: Sukabina Press.

Yusrizal. (2010). Bahan Ajar PKn Kelas Tinggi. Padang: Kerja Sama Dikti Depdiknas dan Prodi PGSD FKIP Universitas Bung Hatta

Downloads

Published

2021-05-11

How to Cite

Meirisa, S. . (2021). Penerapan Model Everyone Is a Teacher Here Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Kelas V Pada Pembelajaran PKn. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 398–403. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1024

Issue

Section

Articles