PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS MAHASISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED

(Studi Kuasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

  • Nurma Izzati IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Keywords: Analisis Matematis, Pendekatan Open-Ended, Peningkatan Kemampuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan analisis matematis mahasiswa melalui penerapan pendekatan open-ended, mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan analisis matematis mahasiswa antara yang memperoleh penerapan pendekatan open-ended dengan yang memperoleh penerapan pendekatan konvensional, dan mengetahui respon mahasiswa terhadap penerapan pendekatan open-ended. Metode penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretset-posttest control group design. Populasi target penelitian adalah seluruh mahasiswa Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017, sedangkan populasi terjangkau penelitian adalah populasi target yang mengikuti mata kuliah Geometri Analitis yang terdiri dari 4 kelas, yaitu kelas: A, B, C, dan D.  Sampel penelitian dipilih dua kelas dari populasi terjangkau penelitian dengan teknik cluster random sampling karena semua kelas memiliki karakteristik dan kemampuan akademik yang setara, terpilih kelas A sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 36 orang mahasiswa dan kelas C sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 35 orang mahasiswa. Analisis data dilakukan terhadap rerata hasil tes kemampuan analisis matematis mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan analisis matematis mahasiswa melalui penerapan pendekatan open-ended rerata gainnya sebesar 0,76, termasuk dalam kategori tinggi; peningkatan kemampuan analisis matematis mahasiswa yang memperoleh penerapan pendekatan open-ended lebih tinggi daripada yang memperoleh penerapan pendekatan konvensional; dan respon mahasiswa terhadap penerapan pendekatan open-ended dengan rata-rata persentase sebesar 74,63%, termasuk kategori kuat.

References

Munthe, Bermawi.2009. Desain Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Insani Madani.
Anonim. 2015. Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. Kbbi.web.id. diakses pada tanggal 20Januari 2017, pukul 20.45 WIB.
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: RemajaRosdakarya.
Suherman, E. dan Sukjaya, Y. 1990.Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung:Wijayakusumah 157.
Price, J. 1996. “President’s Report: Building Bridges of Mathematical Understanding for All Children”. Journal for Research in Mathematics Education. 27(5).
Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.
James and James, Van. 1976. Mathematic Dictionary. Nostrand Rienhold.
Ruseffendi, dkk. 1992. Pendidikan Matematika 3. Modul 1-9. Jakarta: Depdikbud Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Tinggi.
Hudoyo 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Jakarta: Depdikbud.
Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JurusanMatematika, FMIPA, UPI.
Hamalik, O 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sandjaja, B dan Albertus, H. 2006. Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Dept.of Physics Indiana University. Diunduh dari http://www.physics.indiana.edu [ONLINE] tanggal 23-2-2010.
Meltzer, D.E. 2002. The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Grains in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostice Pretest Scores. Dalam American Journal Physics,Vol 70
Published
2017-01-15
Section
Articles