EFEKTIVITAS ALAT PERAGA KONKRET TERHADAP PENINGKATAN VISUAL THINKING SISWA

  • Nia Kania Universitas Majalengka
Keywords: Alat Peraga Konkret, Efektivitas, Visual Thinking

Abstract

Penelitian ini berfokus pada peningkatan kemampuan visual thinking siswa dalam pembelajaran matematika sebagai upaya mendongkrak kemampuan siswa dalam kemampuan geometri. Salah satu variabel yang dapat membantu siswa dalam memiliki kemampuan persepsi (visualisasi) adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian berbentuk kelompok pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Jatiwangi. Sementara itu, sampel yang dipilih secara purposif melibatkan 78 siswa kelas VIII sebanyak dua kelas Instrumen penelitian berupa tes kemampuan visual thinking, wawancara dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, uji Levene, Uji t. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kualitas pencapaian visual thinking siswa yang menggunakan alat peraga konkret dikategorikan tinggi; (2) Alat peraga konkret memiliki efektivitas yang signifikan terhadap peningkatan visual thinking siswa dalam pembelajaran matematika

References

Coe, R. (2002). It’s the Effect Size, Stuoid1: What Effect Size is and Why it is Important. Presented at the British Educational research Association Annual Cenference.
Dwirahayu, G. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran Eksploratif terhadap Peningkatan kemampuan Visualisai, Pemahaman Konsep Geometri dan Karakter Siswa. Bandung: Disertasi Jurusan Pendidikan Matematika SPs UPI Bandung. Tidak diterbitkan
Giaquinto, M. (2007). Visual Thinking in Mathematics An epistemological study. United States by Oxford University Press Inc., New York.
Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Area-D-American Educational Research Association’s Division D, Measurement and Research Methology. [Online]. Tersedia: www.physics.indiana.edu/-sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. [3 Februari 2013].
Saragih, S. (2000). Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Menggunakan Laboratorium Mini untuk Meningkatkan Kemampuan Keruangan. Tesis Universitas Negeri Surabaya. Tidak dipublikasikan.
Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slavin, R. E. (1977). Education Psychology Theory and Practice. Fifth Edition. Allyn and Bacon: Boston.
Sudjana. N. (2003). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: Tarsito.
Supriatna. (2006). Penggunaan Alat Peraga Keping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas V SD Negeri Durman I Kota Bandung. (Penelitian Tindakan Kelas). Tesis Jurusan Pendidikan Matematika SPs UPI Bandung. Tidak diterbitkan.
Suter, W.N. (2012). Introduction to Educational Research: A Critical Thinking Approach. Second Editon. SAGE Publication.
Trends International Mathematics Science Study (TIMSS). (2011). [online]. Tersedia: http://doelfproduct.blogspot.com/2013/01/hasil-timss-terbaru. html. Diakses tanggal 31 Januari 2013.
Widyantini, T.H, dan Sigit, T.G. (2009). Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika SMP Diklat SMP Jenjang Dasar.. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika. Yogyakarta: Tidak Diterbitkan.
Published
2017-01-15
Section
Articles