UPAYA MENINGKATKAN KEINGINTAHUAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN GUIDED DISCOVERY LEARNING SETTING KOLABORATIF

(Penelitian Tindakan Kelas Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta)

  • Milah Nurkamilah Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Keywords: Guided Discovery Learning, Keingintahuan Matematis, Setting Kolaboratif

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan keingintahuan (curiosity) matematis siswa kelas VIII-C tahun pelajaran 2014-2015 di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta menggunakan metodeĀ  guided discovery learning dengan setting kolaboratif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus pada materi teorema Pythagoras dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman tahun pelajaran 2014-2015 dengan jumlah siswa 32 orang. Instrumen yang digunakan yaitu angket keingintahuan matematis siswa, tes prestasi materi teorema pythagoras, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guided discovery learning dengan setting kolaboratif. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakanĀ  metode guided discovery learning dengan setting kolaboratif dapat meningkatkan keingintahuan (curiosity) matematis siswa kelas VIII-C di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta tahun pelajaran 2014-2015 dalam dua siklus setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dari siklus I ke siklus II. Peningkatan keingintahuan matematis siswa tercapai untuk kategori keingintahuan matematis siswa kategori sedang dan tinggi melalui 2 siklus.

References

Barkley,E.E., Patricia C. & Claire H.M.(2005).Collaborative learning technique. San Fransisco : Jossey-Bass.
Collins, R.P., Jordan A.L.& Charles D.S.(2004).The measurement of perceptual curiosity. Journal Personality and Invidual Differences 36 (2004), p.1127-1141. Laurence Erlbaum, Inc:Proquest.
Kauchak, D. & Paul E. Strategi dan Model Pembelajaran (terjemahan Satrio Wahono tahun 2012). Boston MA : Pearson Education, Inc (buku asli diterbitkan tahun 2012).
Kemdikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 SMP/Mts.
Kemmis, S. Robin M.&Rhonda N.(2014). The action reasearch planner. London: Springer.
Kilpatrick, J.J., Swafford & Bradford F.(2001). Adding it up helping childern learn mathematics.Washington DC: National Academy Press.
Kurniawati, D.(2010).Implementasi Metode Guided Discovery dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IXB SMPN 1 Punung Kabupaten Pacitan. Skripsi UNY : Tidak diterbitkan.
Litman, J.A. dan Charles D. S.(2003).Measuring Epistemic Curiosity and Its Diversive and Spesific Component. Journal of Personality Assessment,80(1),75-86., Laurence Erlbaum, Inc :Proquest.
McElmeel, S.L. (2002). Character education : a book guide for teachers, librarians, and parents. Colorado: Greenwood Publishing Group, Inc.
Moore, K.D.(2009).Effective instructional strategies. California: SAGE Publications.
Nurcahyo, W. (2011).Penggunaan Metode Penemuan terbimbing untuk meningkatkan prestasi belajar matematika di kelas X SMAN 1 Cangkringan. Skripsi UNY :tidak diterbitkan.
Oakley, L.(2004).Cognitive development. Canada : Routledge.
Okada, T. & Herbert, A. S.(1997).Collaborative discovery in scientific domain. Cognitive Science Vol 2. 1997,pp 109-146. ISSN 0364-0213.
Prahastiwi, Subani&Dwi H. (2014). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk meningkatkan karakter rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa kelas X MIA 3 SMAN 6 Malang. Jurnal-online.um.ac.id, vol.3, No.1(2014). Diakses tanggal 20 September 2014 dari Jurnal-online.um.ac.id.
Pritchard, A. & Woollard, J. (2010). Psychology for the classroom: constructivism and social learning. Madison Avenue, NY: Routledge.
Roberts, T.S. (2004). Online collaborative learning:theory and practice. Heshey: Information Science Publishing
Salirawati, D.(2012). Percaya diri, keingintahuan, dan berjiwa wirausaha: tiga karakter penting bagi peserta didik. Jurnal karakter, tahun II, nomor 2, Juni 2012. Diakses tanggal 20 September 2014 dari jurnal uny.ac.id.
Suherman, E.,dkk.(2003).Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung : JICA.
Schunk, D.H. (2012). Learning theories. Boston, MA: Pearson Education, Inc.
Utami, E.Y.(2010). Penerapan metode discovery learning pada pembelajaran matematika dalam usaha peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Pengasih Kabupaten Kulon Progo. Skripsi UNY :Tidak diterbitkan.
Von Joolingen, W.R. dan Nadira S.(2005).Communicating in collaborative discovery learnin. British Journal of Educational Psychology.
Watkins, C., Eileen C.dan Caroline L.(2007). Effective learning in classrooms. London : Paul Chapman Publishing.
Westwood, P.(2008).What teacher need to know about teaching methods.Victoria : ACER Press.
Widjajanti, D.B.(2010). Mengembangkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa calon guru matematika melalui strategi perkuliahan kolaboratif berbasis masalah. Makalah KNM.
Published
2017-01-15
Section
Articles