HUBUNGAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

  • Muhammad Gilar Jatisunda
Keywords: Self-Efficacy, Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Penelitian ini mengkaji hubungan antaraself-efficacy matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri di Kabupaten Majalengka Tahun Pelajaran 2015/2016. Adapun untuk sampel penelitiannya adalah siswa SMP kelas VIII A, menggunakan teknikpurposive random sampling. Pengumpulan data menggunakaninstrumen kuesioner.Data di analisis secara kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi pearson. Hasil penelitian yaitu, terdapat hubungan yang positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy matematis siswa

References

Alderman, Kay. (2004). Motivation for Achievement :Posibilities for Teacing and Learning. London: Lawrence Erlbaum Associates Publisher
Bandura, Albert. (2006). Guide for Constructing Self-Efficacy Scales. Information Age Publishing.
Hasrdini dan Puspitasari.(2012). Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia
Hadayani, Isnaini. (2011). Penggunaan Model Method Dalam Pembelajaran Pecahan Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematikdan Self-Efficacy Siswa Sekolah Dasar (Studi Kuasi-Eksperimen pada Siswa Salah Satu SD Negeri di Jakarta Utara)”. Tesis Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung. Tidak Dipublikasikan.
Herman, Tatang. (2000). Strategi Pemecahan Masalah (Problem Solving) Dalam Pembelajaran Matematika.Makalah. Tidak Diterbitkan.
Lusby, Blair.(2009). Increasing Student's Self-efficacy in Mathematics.St. Mary’s College of Maryland.
Liu &Koirala. (2009). The Effect of Mathematics Self-Efficacy on Mathematics Achievement of High School Students. NERA Conference Proceedings 2009. Paper 3
Ormrod, J. E. (2008). PsikologiPendidikan. Jakarta: Erlangga
Pajares& Miller. (1994). Role of Self-Efficacy and Self-Concept Beliefs in mathematical Problem Solving: A Path Analysis. Journal of Educational Psychology 1994, Vol. 86, No. 2, 193-203.
Pajares, F. (2002). Overview of Social Cognitive Theory and of Self-Efficacy.[Online]. Tersedia: http://www.emory.edu/education/mfp/eff.html.
Setiadi, Riswanda. (2010). Self-Efficacy.Bandung :Rizki Press
Suryadi, D. (2005). Pembelajaran Matematika Eksploratif di Sekolah Dasar. [online]. Tersedia:http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/195802011984031-DIDI_SURYADI/DIDI-15.pdf
Slavin, R. E. (2006). Educational Psycologi : Theory and Pratice. London: Pearson Education
Turmudi. (2009).Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika Berparadigma Eksploratif dan Investigatif. Jakarta : PT. Leuseur Cita Pustaka
Uyanto, Stanislaus S. (2009). PedomanAnalisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: GrahaIlmu
Wiliwati, Beti. (2012). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Matematis Siswa SMA dengan Menggunakan Pendekatan Investigasi. Tesis Jurusana Pendidikan Matematika UPI Bandung.Tidak Dipublikasikan.
Yamin, Martinis. (2012). Desain Baru Pembelajaran Konstruktivitik. Jakarta: Referensi
Published
2017-01-15
Section
Articles