Perbedaan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Authors

  • muhammad bayu al dhana STKIP Asy-Syafi'iyah Internasional Medan
  • Nurullita Astriani STKIP Asy-Syafi'iyah Internasional Medan

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis kuasi experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkalan Susu. Sampel dalam penelitian ini 2 kelas yaitu kelas VIII-1 yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 dijadikan sebagai kelas kontrol. Penelitian ini melibatkan jenis instrument yaitu tes yang berupa tes uraian pada materi relasi dan fungsi. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan  model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran Jigsaw terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci: Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Pembelajaran Jigsaw, kemampuan komunikasi matematis

 

ABSTRACT

The aim of this research is to determine the differences between the Think Pair Share (TPS) learning model and the Jigsaw learning model on students' mathematical communication skills. This research is quantitative research with a quasi-experimental type. The population in this study were all students in class VIII of SMP Negeri 1 Pangkalan Susu. The samples in this study were 2 classes, namely class VIII-1 which was used as the experimental class and class VIII-2 which was used as the control class. This research involves a type of instrument, namely a test in the form of a description test on relationship and function material. This shows that there are differences between the Think Pair Share (TPS) learning model and the Jigsaw learning model on students' mathematical communication abilities.

 

Keywords:

Pembelajaran Think Pair Share (TPS), Pembelajaran Jigsaw, kemampuan komunikasi matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arini, L., Astriani, N., dan Dhana, M.B.A., 2022. Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Langsung. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Volume 5 Nomor 1, Juni 2022, pp. 83 – 87. p-ISSN 2623-2332, e-ISSN 2798-5474. DOI: https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.380.

Arlinah, E.A., 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Belajar Siswa. Harmony .6 (2) 2021. ISSN 2252-7133, E-ISSN 2448-4648.

Astriani, N., dan Dhana, M.B.A., 2021. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 16, No. 2, Desember 2022, pp. 246-250, p-ISSN: 1978-936X, e-ISSN : 2528-0562, DOI: http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v16i2.13521.

Asuro, N dan Fitri, I., 2020. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self Concept Siswa SMA/MA. Suska Journal of Mathematics Education. Vol. 6, No. 1, 2020, hal. 033-046. (p-ISSN: 2477-4758|e-ISSN: 2540-9670).

Br. Sembiring, R.F., dan Siregar, R.M. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas X SMA Melati Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Matematika. Vol 12, No. 1, Maret 2020, e-ISSN 2620-9217.

Dhana, M.B.A., Astriani, N., dan Selawati, S. 2021. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Yang diajar Menggunakan Model Pembelajaran TPS dengan STAD. FARABI Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Volume 4 Nomor 1, juni 2021, pp. 61-68. p-ISSN 2623-2332, e-ISSN 2798-5474.

Djabba, R., dan Ilmi, N. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Publikasi Pendidikan. Volume 12 Nomor 03, 2022. p-ISSN 2088-2092, e-ISSN 2548-6721.

Fadhillah, R., Maulidiya, D., dan Agustinsa, R., 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Vol. 3, No. 2, Agustus 2019, eISSN 2581-253X.

Litna, K.O dan Seli, M.S. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 3, Number 4 Tahun 2019, pp. 504-510. P-ISSN: 2579-3276 E-ISSN : 2549-6174.

Natasya, A., dan Djamaan, E.Z. 2023. Penerapan Model Pembelajaran TPS Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 28 Padang. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. Vol. 12 No. 3 September 2023. Hal 288-291.

Pangemanan, N.S., 2019. Penerapan Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi, dan Hasil Belajar Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. p-ISSN: 1410-1866, e-ISSN: 2549-1458. DOI:http://dx.doi.org/10.21831/jpms.v7i2.26822.

Saputra, H. 2020. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10 (1) 2020. p-ISSN 2089-483X, e-ISSN 2655-8130.

Siregar, M.H., 2021. Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis dan Akademik Siswa. JEID : Journal of Educational Integration and Development. Volume 1, Nomor 4, 2021. E-ISSN : 2798-4176.

Downloads

Abstract Views : 464
Downloads Count: 307

Published

2024-07-29

How to Cite

dhana, muhammad bayu al, & Astriani, N. (2024). Perbedaan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 9(1), 148–159. Retrieved from https://ejournal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/9660