Systematic Literature Review: Kemampuan Numerasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Azra Farzana Sukaryo Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rika Mulyati Mustika Sari Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8212

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan numerasi siswa jenjang sekolah menengah dalam pembelajaran matematika. Hal itu terlihat dari program pemerintah yang banyak berfokus pada peningkatan kemampuan numerasi dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Nasional (AKM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Research (SLR) dengan tahapan yaitu planning, conducting, dan reporting. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berdasar kepada hasil kajian literatur dari artikel yang didapatkan dari Google Scholar yang telah terakreditasi Jurnal Sinta. Terdapat 25 artikel yang menjadi sumber data dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu gambaran kemampuan numerasi siswa jenjang sekolah menengah yang masih rendah dalam pembelajaran matematika; dan beberapa model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa diantaranya yaitu problem based learning, project based learning, inquiri learning, discovery learning, creative problem solving, dan realistic mathematics education.

Keywords:

numerasi, model pembelajaran, matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvionita, D. M., Rahayu, W., & El Hakim, L. (2022). Pengaruh Model Inquiry Based Learning Secara Daring Terhadap Kemampuan Numerasi Ditinjau Dari Locus of Control. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1775. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5492

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829

Anggraini, K. E., & Setianingsih, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). MATHEdunesa, 11(3), 837–849. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p837-849

Asih, K. S., Isnarto, Sukestiyarno, & Wardono. (2019). Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 862–868.

Awami, F., Yuhana, Y., & Nindiasari, H. (2022). Meningkatkkan Kemampuan Literasi Numerasi Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Self Confidence Siswa SMK. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 8(2), 231–243. https://doi.org/10.30653/003.202282.236

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237–247. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2299

Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101.

Boangmanalu, A. M., Irvan, & Nasution, M. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terintegrasi. MAJU:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 10–16.

Cahyanovianty, A. D., & Wahidin. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439–1448. https://doi.org/10.56704/jirpm.v2i4.12856

Choifah, Suyitno, A., & Pujiastuti, E. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3158–3166. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.914

Christina, M., Nindiasari, H., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). Efektivitas Flipped Classroom Diintegrasikan Model Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 325–332. https://doi.org/10.5281/zenodo.7339166

Fadhilah, N., & Handayani, I. (2023). Analisis kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan soal AKM kelas XI pada topik Data dan Ketidakpastian. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 361–372. https://doi.org/10.33654/math.v9i2.2287

Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.562

Forum, W. E. (2015). New Vision for Education : Unlocking the Potential of Technology. World Economic Forum. https://doi.org/10.1063/1.4938795

Husna, N. M., Isnarto, I., Suyitno, A., & Shodiqin, A. (2022). Implementasi Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 841–845.

Indra, K., & Rahadyan, A. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Didactical Mathematics, 3(2), 84–91. https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1810

Mutmainah, Y. H., Suhendar, U., & Sumaji, S. (2023). Perbandingan Pengaruh Pendekatan RME dan Saintifik Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 35. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.7426

Napsiyah, N., Nurmaningsih, N., & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Berdasarkan Level Kognitif pada Materi Kubus dan Balok. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(2), 45–59. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.183

Nasrullah, N., Ainol, A., & Waluyo, E. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Soal Akm (Asesmen Kompetensi Minimum) Kelas. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 7(1), 117. https://doi.org/10.31949/th.v7i1.4109

Nuriyatin, S., & Agustina, E. N. S. (2022). Hubungan Kemampuan Literasi Matematika dengan Gender di Kelas VIII. Jedma (Jurnal Edukasi Matematika), 3(1), 28–34.

Nursyamsudin, & Jaelani, M. N. G. (2021). Penguatan Literasi dan Numerasi. Direktorat Sekolah Menengah Atas.

Panjaitan, S., Sitepu, C., & Marbun, M. R. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Inquiry Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Pada Materi Fungsi Kuadrat di Kelas IX UPT SMP Negeri 12 Medan. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(3), 398–406.

Rachmansyah, A. B., & Nuriadin, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Numerasi Peserta Didik dengan Model Problem Based Learning dan Pendekatan TPACK. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(2), 81–93. https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i2.522

Rahma P, F. L., & Reflina. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal Programme for International Student Assessment (PISA). Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 10(1), 11. https://doi.org/10.26714/jkpm.10.1.2023.11-20

Rahmanuri, A., Winarni, R., & Anesa, S. (2023). Faktor-faktor yang memengaruhi literasi matematika : systematic literature review. Didaktika Dwija Indria, 11(6), 1–6.

Riandhany, D. N., & Puadi, E. F. W. (2023). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 223–234. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.160

Saniah, S. L., & Nindiasari, H. (2023). Efektivitas Flipped Classroom Diintegrasikan dengan Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(1), 151–158. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.14472

Sanvi, A. H., & Diana, H. A. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Pada Materi Matriks Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 129–145. https://doi.org/10.32938/jpm.v3i2.2021

Setianingsih, W. L., & Ekayanti, A. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Tipe Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3262–3273.

Silalahi, L., Hutauruk, A. J. B., & Gultom, S. P. (2023). Perbedaan Model Project Based Learning dengan Model Pembelajaran Konvensional pada Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Panei pada Materi …. Innovative: Journal Of Social …, 3(5), 9633–9645.

Sinabang, E., Simanjuntak, S. D., & Imelda. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematis Siswa SMP Negeri 30 Medan. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 55–63.

Suciati, I., Mailili, W. H., & Hajerina, H. (2022). Implementasi Geogebra Terhadap Kemampuan Matematis Peserta Didik Dalam Pembelajaran: a Systematic Literature Review. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 27. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5972

Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Guepedia.

Udayani, i D. A. T., Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Model Creative Problem Solving Terhadap Minat Belajar Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP), 4(2), 284–293.

Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, M., & Rohati, R. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Dan Digital Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 574. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3345

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090

Wiyata, S., & Suwartini, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Numerasi Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3843. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6314

Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya Kemampuan Numerasi Bagi Siswa. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains dan Teknologi, 2(1), 44–48.

Downloads

Abstract Views : 1774
Downloads Count: 1573

Published

2024-01-28

How to Cite

Sukaryo, A. F., & Sari, R. M. M. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Numerasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 461–472. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8212