Studi Literatur : Peranan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Authors

  • Sawit Karlina Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rika Mulyati Mustika Sari Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8202

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literatur tentang bagaimana model Problem Based Learning membantu siswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur, yang dilakukan dengan mengumpulkan temuan penelitian yang relevan yang kemudian diulas dan dibahas. Berikut ini adalah temuan-temuan dari tinjauan literatur yang diperoleh dari beberapa artikel yang dipublikasikan dalam prosiding, jurnal nasional dan internasional: 1) Model pembelajaran berbasis masalah merupakan salah satu jenis model pembelajaran yang dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan secara komprehensif selama proses pembelajaran. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis dapat ditingkatkan dengan menerapkan model Problem Based Learning.

Kata kunci: Studi Literatur, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Keywords:

Studi Literatur, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daeli, A. L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa Kelas VA SDN 071184 Tetesua. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 18-25.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama, 7.

Manfaati, W. A., & Wijayanti, K. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Problem-Based Learning pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 1(2), 12-24.

Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65-73.

Pauweni, K. A., & Iskandar, M. E. B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem-Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 8(1), 23-28.

Simangunsong, I. P., & Simangunsong, I. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal on Teacher Education, 4(2), 840-851.

Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning: membuka peluang kolaborasi dan pengembangan skill siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1-17.

Widodo, S., & KATMININGSIH, Y. (2022). Meta Analisis: Peranan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 84-95.

Zhafirah, T., Erna, M., & Rery, R. U. (2021). Efektivitas penggunaan e-modul hidrokarbon berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 206-216.

Zuhri, N. I. K., & Agustina, R. (2023, January). PERANAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERNUANSA ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 4, No. 1, pp. 283-290).

Downloads

Abstract Views : 569
Downloads Count: 442

Published

2024-01-28

How to Cite

Karlina, S., & Mulyati Mustika Sari, R. (2024). Studi Literatur : Peranan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 451–460. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8202