Pemecahan Masalah Soal Cerita Fungsi Eksponen Siswa Kelas X Berdasarkan Prosedur Newman
DOI:
https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8038Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kemampuan siswa dalam memecahkan masalah soal cerita pertumbuhan dan peluruhan pada fungsi eksponen menggunakan prosedur Newman dan untuk mencari tahu kesalahan yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah soal cerita fungsi eksponen meliputi: tahapan membaca, tahapan memahami, tahapan transformasi, tahapan kemampuan memproses, dan tahapan kemampuan penulisan jawaban akhir. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Purworejo sebanyak enam orang yang diambil berdasarkan nilai ulangan KKM harian bab Fungsi Eksponensial yang dikelompokkan menjadi tiga kelompok. Pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik yaitu tes dan dokumentasi dengan soal tes sebanyak dua soal cerita pada materi fungsi eksponensial. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa kesalahan siswa adalah dalam menentukan rumus dan model matematika yang sesuai untuk menyelesaikan soal, merinci unsur-unsur yang diketahui dan ditanyakan dengan tepat, membuat model matematika dari permasalahan, perhitungan terjadi karena penerapan sifat yang salah terutama dalam konsep logaritma, siswa terburu-buru dalam menyelesaikan soal dan lupa untuk mengecek kembali permintaan soal.
Keywords:
Pemecahan masalah, fungsi eksponen, prosedur NewmanDownloads
References
Assyakurrohim, D., & Ikhram, D. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Baskorowati, H., & Wijayanti, P. (2020). Studi Kasus: Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di SMA Negeri 1 Cerme. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(3), 529–239. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p529-539
Chotima, M. C., & Hartono, Y. (2019). Pengaruh reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self-efficacy siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 71–79. https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.22375
Fachrunisa, A., Kuncoro, K. S., & Arigiyati, T. A. (2022). Development of Interactive E-Modules Assisted by The Kvisoft Flipbook Maker Application on Algebraic Forms Grade VII. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 12(1). https://doi.org/10.20961/jmme.v12i1.61091
Gunawan, M., & Fitra, D. (2021). Matematika Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal-soal Eksponen dan Logaritma. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 257–268. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Kesumawati, N., & Hera, T. (2022). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Self-Esteem Siswa SD. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 4(1), 237–249. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5550
Kinanti, M. A. H., Sujadi, I., Indriati, D., & Kuncoro, K. S. (2023). Examining students' cognitive processes in solving algebraic numeracy problems: A Phenomenology study. Jurnal Elemen, 9(2), 494-508. https://doi.org/10.29408/jel.v9i2.13266
Koten, O., Sulistyowati, F., Ahsan, M. G. K., & Kuncoro, K. S. (2023). Understanding common errors in solving math problems on systems of linear equations with two variables: A study of 8th grade students. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 348-355. https://doi.org/10.30738/union.v11i2.14910
Kuncoro, K. S., Zakkia, A., Sulistyowati, F., & Kusumaningrum, B. (2021). Students' Mathematical Critical Thinking Based on Self-Esteem Through Problem Based Learning in Geometry. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 11(1), 41-52. https://doi.org/10.46517/seamej.v11i1.122
Kuncoro, K. S., Harini, E., & Trimono, D. A. (2022). Bloom’s Taxonomy Analyze Category: The Analysis of Students’ Analytical Skills Based on Gender. Unnes Journal of Mathematics Education, 11(2), 156-165. https://doi.org/10.15294/ujme.v11i2.58473
Kuncoro, K. S., Kusumaningrum, B., Agustito, D., Meirani, F., & Lestari, E. S. (2023). Mathematical communication skills in the context of linear equations: A study on students' proficiency and self-esteem. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 6(1), 18-34. https://doi.org/10.33292/petier.v6i1.178
Maidiyah, E. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707
Nurkhalipah, R., & Warmi, A. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Self-Confidence Siswa SMP. In Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains (Vol. 8). https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i02.2884
Puspita, R., Yani, E., Dinnisa, K., Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Ayuningtyas, A. D., & Irfan, M. (2022). Interactive math path: Permainan ular tangga berbasis etnomatematika [Interactive math path: An ethnomathematics-based snakes and ladders game]. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10 (1), 93–102. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.12139
Putra, R. Y., Alviyan, D. N., Arigiyati, T. A., & Kuncoro, K. S. (2021). Etnomatematika pada bangunan Umbul Binangun Taman Sari dalam aktivitas pembelajaran matematika. Ethnomathematics Journal, 2(1), 21-30. http://dx.doi.org/10.21831/ej.v2i1.36081
Rahma, A. F., & Khabibah, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Eksponen. MATHEdunesa, 11(2). https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p446-457
Rahmawati, D., & Dhian Permata, L. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. http://jurnal.uns.ac.id/jpm
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Rosita, N., & Rahayu, W. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Concept Matematis dengan Pendekatan PMRI di SMP Daar En Nisa Islamic School. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5. https://doi.org/10.21009/jrpms.051.06
Sulistyowati, F., Kuncoro, K. S., Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2019, October). Solving high order thinking problem with a different way in trigonometry. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1315, No. 1, p. 012001). IOP Publishing. http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012001
Tadu Baro, M., & Made Wena. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Logaritma Berdasarkan Prosedur Newman untuk Siswa Kelas X MIPA 8 SMAN 5 Denpasar (Vol. 1, Issue 1). Retrieved from https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/article/view/1354
Vitaloka, W., & Habibi, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 1–13. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2294
Widhiyassifah, R., & Sumardi. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Eksponen pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kartasura. Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 4. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/10115
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fajar Riyanita Sarani, Fitria Sulistyowati, Sukiyanto Sukiyanto, Annis Deshinta Ayuningtyas, Krida Singgih Kuncoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.