Analisis Self-Efficacy Matematis Siswa Ditinjau Berdasarkan Gender Di SMP Negeri 1 Raya Kahean

Authors

  • Cici Puspaningrum Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bina Karya

DOI:

https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8017

Abstract

Adapun penelitian ini yaitu untuk melihat perbedaan gender dalam efikasi diri belajar matematika. Subyek penelitian penelitian deskriptif kuantitatif adalah pelajar di kelas VII SMP Negeri 1 Raya Kahean. Wawancara dan kuesioner efikasi diri digunakan untuk mengumpulkan data. Berdasarkan analisis respon angket self efikasi dan wawancara, efikasi diri peserta didik pria relatif lebih besar daripada efikasi diri peserta didik wanita. Pada bidang kemampuan matematika, kemampuan memahami pengalaman pembelajaran matematika, memanfaatkan teladan sebagai motivator, menganalisis sudut pandang alternatif, dan pengendalian emosi, pelajar pria terlihat kinerja yang lebih unggul daripada pelajar wanita.

Keywords:

Self-Efficacy, Mathematics, Gender

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bandura, A.(1997) . Self-efficacy The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman.

Diatmika, I. G. N., Sujana, I. W., & Putra, M. (2017). Korelasi Antara Disiplin Dalam Belajar Dengan Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Mengwi Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Education Technology, 1(3), 156. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12499

Gallagher, A. M. (2005). Gender Differences in Mathematics. Journal of Educational Psychology Journal of Educational Measurement Journal of Experimental Child Psychology.

Jufita, D. (2013). Analisis Gender Terhadap Self Efficacy, Self Efficacy Regulated Learning, dan Prestasi Akademik Pelajaran Matematika Dan Bahasa Indonesia Remaja. Bogor: Intitut Pertanian Bogor.

Marlina. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Diskursif. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 35–45. https://doi.org/10.24815/jdm.v1i1.1240

Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2079

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di MTs N 2 Ciamis. Teorema : Teori dan Riset Matematika, 1(2), 39–44. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i2.548

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Yati, A. A., Marzal, J., & Yantoro, Y. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dan Self-Efficacy Siswa terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 20–29. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.1101

Downloads

Abstract Views : 172
Downloads Count: 150

Published

2024-01-28

How to Cite

Cici Puspaningrum. (2024). Analisis Self-Efficacy Matematis Siswa Ditinjau Berdasarkan Gender Di SMP Negeri 1 Raya Kahean. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 422–428. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8017