Analisis Self-Efficacy Matematis Siswa Ditinjau Berdasarkan Gender Di SMP Negeri 1 Raya Kahean
DOI:
https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8017Abstract
Adapun penelitian ini yaitu untuk melihat perbedaan gender dalam efikasi diri belajar matematika. Subyek penelitian penelitian deskriptif kuantitatif adalah pelajar di kelas VII SMP Negeri 1 Raya Kahean. Wawancara dan kuesioner efikasi diri digunakan untuk mengumpulkan data. Berdasarkan analisis respon angket self efikasi dan wawancara, efikasi diri peserta didik pria relatif lebih besar daripada efikasi diri peserta didik wanita. Pada bidang kemampuan matematika, kemampuan memahami pengalaman pembelajaran matematika, memanfaatkan teladan sebagai motivator, menganalisis sudut pandang alternatif, dan pengendalian emosi, pelajar pria terlihat kinerja yang lebih unggul daripada pelajar wanita.
Keywords:
Self-Efficacy, Mathematics, GenderDownloads
References
Bandura, A.(1997) . Self-efficacy The Exercise of Control. New York: W. H. Freeman.
Diatmika, I. G. N., Sujana, I. W., & Putra, M. (2017). Korelasi Antara Disiplin Dalam Belajar Dengan Kompetensi Pengetahuan Ips Siswa Kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Mengwi Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Education Technology, 1(3), 156. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12499
Gallagher, A. M. (2005). Gender Differences in Mathematics. Journal of Educational Psychology Journal of Educational Measurement Journal of Experimental Child Psychology.
Jufita, D. (2013). Analisis Gender Terhadap Self Efficacy, Self Efficacy Regulated Learning, dan Prestasi Akademik Pelajaran Matematika Dan Bahasa Indonesia Remaja. Bogor: Intitut Pertanian Bogor.
Marlina. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Diskursif. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 35–45. https://doi.org/10.24815/jdm.v1i1.1240
Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2079
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika di MTs N 2 Ciamis. Teorema : Teori dan Riset Matematika, 1(2), 39–44. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i2.548
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897
Yati, A. A., Marzal, J., & Yantoro, Y. (2018). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme dan Self-Efficacy Siswa terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 20–29. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.1101
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Cici Puspaningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.