Systematic Literature Review: Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa SMA/MA

Authors

  • Dea Sekar Ayu Febriani STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Syifa Afidah Nurul Arifin STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Siti Sopiyaturrahmah STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Resmania STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8014

Abstract

Pemodelan matematika merupakan alat yang sangat penting dalam pendidikan karena membantu siswa memahami bagaimana konsep matematika diterapkan dalam dunia nyata. Dengan pemahaman yang lebih baik, mereka dapat memecahkan masalah dengan lebih efisien dan efektif. Namun dalam praktiknya, masih terdapat situasi dimana siswa memiliki tingkat kemampuan pemodelan matematika yang rendah, salah satunya disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan tinjauan sistematis terhadap sejumlah penelitian yang relevan tentang kemampuan pemodelan matematika siswa SMA/MA yang dilakukan antara tahun 2014 hingga 2023. Jenis penelitian ini adalah Systematic Literature Review atau SLR. Penelitian ini secara umum merupakan studi primer terhadap kemampuan pemodelan matematika siswa dan sampelnya adalah studi primer yang berlokasi di Indonesia dan dapat ditemukan di website Google atau Google Scholar dan Publish or Perish. Sampel penelitian terdiri dari 15 artikel diantaranya artikel Kelas X, XI dan XII tingkat SMA/MA. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan SLR, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemodelan matematika siswa SMA/MA ditinjau dari gaya belajar, gaya berpikir maupun gender. Hal ini disebabkan oleh faktor internal dan eksternal yang dialami siswa ketika menyelesaikan masalah pemodelan matematika. Solusi untuk meningkatkan kemampuan pemodelan matematika siswa yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang aktif dan interaktif yang memungkinkan siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan memiliki kesempatan untuk menerapkan konsep matematika.

Keywords:

Kemampuan Pemodelan Matematika, Siswa SMA/MA, Systematic Literature Review

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Z., Sudirman, S., & Chandra, T. D. (2023). Proses Pemodelan Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Program Linear. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2595–2604. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2675

Aprilia, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemodelan Matematis Ditinjau Dari Mathematical Habits Of Mind (MHoM) dan Kemampuan Awal Matematis (KAM) Siswa SMA. Universitas Pendidikan Matematika.

Aprilia, R., & Panjaitan, D. J. (2013). Pemodelan Matematika. In A. Sapta (Ed.), NBER Working Papers. Penerbit LPPM UMNAW.

Aprinaldy, D. (2014). Penerapan Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemodelan Soal Cerita Matematika Pada Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas X SMA W.R. Supratman 2 Medan T.A. 2013/2014 [Universitas Negeri Medan]. http://digilib.unimed.ac.id/11716/

Bahir, R. A., & Mampouw, H. L. (2020). Identifikasi Kesalahan Siswa SMA dalam Membuat Pemodelan Matematika dan Penyebabnya. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 72–81. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.161

Larasati, S. R., & Julie, H. (2023). Analisis Kemampuan Pemodelan Siswa SMA pada Topik Program Linear. Leibniz: Jurnal Matematika, 1(1), 44–60. https://doi.org/10.59632/leibniz.v1i1.46

Liberati, A., Altman, D. G., Tetzlaff, J., Mulrow, C., Gøtzsche, P. C., Ioannidis, J. P. A., Clarke, M., Devereaux, P. J., Kleijnen, J., & Moher, D. (2009). The PRISMA statement for reporting systematic reviews and meta-analyses of studies that evaluate healthcare interventions: explanation and elaboration. BMJ (Clinical Research Ed.), 339. https://doi.org/10.1136/bmj.b2700

Maulani, V. A., Muslim, S. R., & Apiati, V. (2022). Analisis Kemampuan Pemodelan Matematika Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Berpikir Gregorc. Jurnal Kongruen, 1(3), 266–271. https://publikasi.unsil.ac.id/index.php/kongruen

Mubarokah, I., & Nusantara, T. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memodelkan Matematika Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 11(2), 2599–2600. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpm.v11i2.24716

Mulyana, Y., Priyatno, S., & Dewi, N. R. (2018). Penerapan Model SSCS untuk MeningkatkanKemampuan Membuat Model Matematis dan Kerja Sama Siswa. 225–232. https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:xSdop93OiLMJ:scholar.google.com/+kemampuan+pemodelan+matematika+siswa+SMA&hl=id&as_sdt=0,5&as_ylo=2014&as_yhi=2023

Nuryadi, A., Santoso, B., & Indaryanti, I. (2018). Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa Dengan Strategi Scaffolding With A Solution Plan Pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMAN 2 Palembang. Jurnal Gantang, 3(2), 73–81. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.468

Pandiangan, L. V., & Zulkarnaen, R. (2021). Keterkaitan Pemodelan Matematis Dalam Penyelesaian Soal Cerita. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 559–570. https://doi.org/10.25139/smj.v10i1.4257

Pratikno, H. (2019). Analisis kompetensi pemodelan matematika siswa smp pada kategori kemampuan matematika berbeda. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP) IV, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 9.

Rahmawati, D., Darmawijoyo, D., & Hapizah, H. (2018). Desain Pembelajaran Materi Fungsi Linier Menggunakan Pemodelan Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 65. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1311

Rismawati, I., Rahayuningsih, S., & Wiyono, H. J. (2023). Analisis Kemampuan Pemodelan Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi SPLTV Kelas X Ditinjau Dari Gender [Universitas Islam Majapahit]. http://repository.unim.ac.id/4926/

Rosmawati, L. (2020). Analisis kemampuan pemodelan matematika siswa kelas X MA Al-Intishor ditinjau dari gaya belajar. http://etheses.uinmataram.ac.id/223/%0Ahttp://etheses.uinmataram.ac.id/223/1/Linda Rosmawati 160103019 %282%29.pdf

Sabatini, F. Z. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemodelan Matematika Ditinjau Dari Prestasi Belajar Siswa SMA Muhammadiyah Bumiayu [Universitas Muhammadiyah Purwokerto]. https://repository.ump.ac.id/8884/

Sakinah, A. R., Hiltrimartin, C., Hartono, Y., & Indaryanti. (2020). High school students’ mathematical modeling skills in problem-based learning (PBL). Journal of Physics: Conference Series, 1480(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1480/1/012041

Suryaningtias, U. (2021). Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa Pada Materi Program Linear Kelas XI Dengan Model Problem Based Learning. Universitas Sriwijaya.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Zulkarnaen, R. (2018a). Implementasi Interpretation-Construction Design Model Terhadap Kemampuan Pemodelan Matematis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 18(1), 25–32.

Zulkarnaen, R. (2018b). Peningkatan Kemampuan Pemodelan Dan Penalaran Matematis Serta Academic Self Concept Siswa SMA Melalui Interpretation-Consrtuction [Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia]. https://repository.upi.edu/46738/

Downloads

Abstract Views : 581
Downloads Count: 475

Published

2024-01-28

How to Cite

Sekar Ayu Febriani, D., Afidah Nurul Arifin, S., Sopiyaturrahmah, S., & Resmania. (2024). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa SMA/MA. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 407–421. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8014