Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal
DOI:
https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7938Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika kelas XI Akutansi ditinjau dari kecerdasan intrapersonal. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Duduksampeyan , Gresik, Jawa Timur, Indonesia tahun 2023 dengan subjek penelitian terdiri dari enam peserta didik yang dipilih berdasarkan pertimbangan hasil angket kecerdasan intrapersonal dan hasil tes soal kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara yang kemudian di analisis dengan cara reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu, peserta didik dengan klasifikasi kecerdasan intrapersonal yang tinggi juga memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi dan mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematika dengan baik, dengan melihat dari hasil tes soal yang diberikan. Peserta didik dengan klasifikasi kecerdasan intrapersonal yang sedang, juga memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika yang sedang, ditunjukkan dengan subjek yang memiliki tingkat kecerdasan intrapersonal sedang belum mampu memenuhi secara maksimal semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematika. Yang terakhir yaitu peserta didik dengan klasifikasi kecerdasan intrapersonal yang rendah, rendah juga memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika yang rendah, subjek yang memiliki tingkat kecerdasan intrapersonal rendah belum mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematika.
Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Kecerdasan IntrapersonalDownloads
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Armstrong, T. (2004). Menerapkan multiple intelligences di sekolah (alih bahasa Yudhi Murtanto). Penerbit Kaifa PT Mizan Pustaka.
Azwar, S. (2006). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar Offset.
Fadilah, N. S., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Fungsi dengan Tahapan Polya. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 7, 64–73.
Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika? Perdana Publishing.
Hidayah, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Kelas X MA Al Asror Kota Semarang. Skripsi, 191–194.
Hidayati, N., Mardiyana, & Riyadi. (2014). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT ( TGT ) DITINJAU DARI KECERDASAN INTRAPERSONAL SISWA. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(2), 152–162.
Lazear, D. (2000). Pathways of learning teaching students and parents about multiple intelligences. Zephyr Press.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
Mairing, J. P., & Aritonang, H. (2018). Penyelesaian Masalah Matematika Berakhir Terbuka Pada Siswa Sma. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 61. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.61-70
Mares Eendi, F. (2015). HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTRAPERSONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV GUGUS I KECAMATAN SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015 (Issue September). UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2007). Qualitative Data Analysis (terjemahan). UI Press.
Nurhidayah. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 7.
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa Smp. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3619
Rizqiani, A. S., Sridana, N., Junaidi, & Kurniati, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 33–39. https://doi.org/10.30605/27458326-60
Ruseffendi. (1991). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Tarsito.
Sarumaha, W. F. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Perpangkatan Dan Bentuk Akar Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas IX Di Smps Kristen Bnkp Telukdalam. Afore : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 12–26. https://doi.org/10.57094/afore.v2i2.1101
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Suherlan, M. Z. F., Bernard, M., & Zanthy, L. S. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMK PADA MATERI MATRIKS. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(2), 505-514.
Wahana, P. (2016). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Pustaka Diamond.
Wibawati, N. P. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Edumath, 15(2), 48-53.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khofifa Irsya Addini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.