Creative Thingking Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi
DOI:
https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7908Abstract
Proses berpikir kreatif, bagi siswa sudah harus dibiasakan semenjak dini untuk menjawab tantangan zaman yang semakin kompetitip. Menurut Torrance (Lestari, dkk. 2017, 89) Indikator peserta didik berpikir kreatif matematis, meliputi : Fluency (kelancaran), Flexibility (keluwesan), Originality (keaslian) dan Elaboration (elaborasi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi relasi dan fungsi siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Ujungjaya yang berjumlah 25 orang. Metodologi yang disajikan adalah kualitatif deskriptif, dengan memberikan tes terhadap siswa dengan 5 soal uraian. Dari hasil diperoleh data bahwa Kemampuan berpikir kreatif Berdasarkan Indikator Flexbility 47,00 dengan katagori cukup, Indikator Fluency 48,60 dengan katagori Cukup, Originality 66,40 dengan Katagori Baik dan Elaboration 64,20 dengan katagori Baik. Sementara tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa, yang memperoleh nilai tinggi sebanyak 2 orang (8%), memperoleh nilai sedang sebanyak 6 orang (24%), dan memperoleh nilai rendah sebanyak 17 orang (68%), dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 56,55. Berdasarkan hasil uraian-uraian diatas menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan sebaran soal belum sepenuhnya dimiliki dan perlu ditingkatkan.
Keywords:
Berpikir kreatif, Indikator berpikir kreatif, Relasi dan FungsiDownloads
References
Ahmad dan Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal : Pincis (Palangkaraya International And National Conference on Islamic Studies). Vol. 1 No. 1, Desember 2021. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PICIS/article/view/605
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.
Asoraya, M. S. dan Redo, M. R. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi Fungsi. Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 07 Nomor 3, Agustus-November 2023. https://doi.org/10.31004/cendikia.v7i3.2412
Effendi, K. N. S. dan Ehda F. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Volume 3 No. 2 tahun 2017. http://dx.doi.org/10.15575/ja.v3i2.2013
Fadillah. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi Serta Persamaan Garis Lurus Kelas Viii SMP Pesantren Guppi Samata. [Skripsi, UIN Alauddin Makasar}. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11590/
Hanifah, N., Anik Y. dan Rippi M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTs pada Materi Lingkaran. Aksioma : Jurnal Pend. Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Volume 7 Nomor 1. http://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1316
Kadir, I. A., Tedy M, Kartin U. dan Nancy K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura Journal Of Mathematics Education. Volume 3 Nomor 2 bulan September 2022. DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.16388
Lestari, K. E. dan Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Maftukhah, N. A., Khomsun N., dan Isnarto (2017). Kemampuan Berfikir Kreatif dalam Pembelajaran Model Connecting Organizing Reflecting Extending Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Jurnal of Primary Education. Volume 6 Nomor 3 tahun 2017. https://doi.org/10.15294/jpe.v6i3.21141
Pebraningsih, F. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematis. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, Institut Pendidikan Indonesia Garut. Volume 11 Nomor 1, Januari 2022. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Pramesty, D. A. & Pujiastuti, H. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics). Volume 8 Nomor 1, Juli 2023. DOI: http://dx.doi.org/10.31949/th.v8i1.4891
Rahayu, N. S. dan Hikmatul K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Karakteristik Tanggung Jawab. Derivat : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Yogyakarta. Volume 9 Nomor 1, Juli 2022. DOI: https://doi.org/10.31316/j.derivat.v9i1.2672
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pemerintah Pusat. Jakarta. https://peraturan.go.id/id/uu-no-20-tahun-2003
Shida, N., Abdul H. A., Sharifah O. dan Norulhuda I. (2022). Design and development of critical thinking strategy in integral calculus. International Journal of Evaluation In Education (IJERE). Volume 12 Nomor 1 March 2023. DOI: https://10.11591/ijere.v12i1.23779
Sutaphan, S., dan Chokchai Y. (2023). Enhancing grade eigh students’ creative thinking in the water STEM education lerning unit. Cakrawala Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan. Volume 42 Nomor 1 February 2023. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v42i1.36621
Wijaya, A. J., Heni P., dan Aan H. (2022). Tingkat Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JIPM) Volume 11 No. 1 tahun 2022. http://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.10866
Windasari, A. D. dan Yus M. C. (2021). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Memecahkan Masalah HOTS dalam Setting Model Kooperatif Jigsaw. Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 05 No. 01 Maret 2021. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ece Mulyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.