Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Operasi Hitung Bilangan Perkalian Di Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7736Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung perkalian pada mata pelajaran matematika di kelas III SDN Pinang 4 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu 10 orang siswa dan guru kelas III. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pinang 4 Kota Tangerang pada bulan November 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara guru dan siswa, tes dan studi dokumentasi. Sebagaimana hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada siswa yang merasa kesulitan saat menyelesaikan soal operasi hitung perkalian. Dalam penelitian ini yang di analisis yaitu mengenai kesulitan-kesulitan khusus yang dialami siswa ketika melakukan aktivitas belajar pada soal operasi hitung perkalian yang sering terjadi pada siswa saat menyelesaikan soal operasi hitung perkalian. Dapat diketahui berdasarkan hasil tes dan wawancara, kesulitan terbanyak yang dilakukan oleh siswa pada saat menyelesaikan soal operasi hitung perkalain terletak pada kurangnya keterampilan operasional aritmatika. Pada penelitian ini siswa yang mengalami kesulitan dalam keterampilan operasi aritmatika terjadi sebanyak 53%, kemudian kesulitan sedang yang dilakukan oleh siswa pada saat menyelesaikan soal operasi hitung perkalian terletak pada kesulitan memahami konsep. Pada penelitian ini siswa yang mengalami kesulitan dalam menggunakan konsep perkalian terjadi sebanyak 20%, lalu kesulitan cukup sedang yang dilakukan oleh siswa pada saat menyelesaikan soal operasi hitung perkalian terletak pada kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Pada penelitian ini siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita pada operasi hitung perkalian terjadi sebanyak 14%
Keywords:
penyebab kesulitan belajar, operasi hitung perkalian, sekolah dasar, penelitian kualitatif.Downloads
References
Anjani, A., Unaenah, E., & Zamroni, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas V SDN Karawaci 1. Tsaqofah, 2(5), 529–540. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i5.536
Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636
Hasanah, N., Sri, T., Asih, N., & Kharisudin, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Fostering Communities of Learners, 2, 622–628.
Iknesya Siskanti, M., Puspita Rini, C., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas Iii Di Sdn Poris Gaga 06 Kota Tangerang. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i1.3
Kemdikbud. PP Kemdikbud No 14 2017 (2017). Indonesia.
Kurniawan, D., Karlimah, & Suryana, Y. (2015). Penerapan Media Komik Matematika terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 1(1), 1–6.
Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499
Mirnawati, M., & Basri, M. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 56–64. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1240
Muzaki, A., & Masjudin, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 493–502. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.557
Nengsih, G. A., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Bilangan Cacah Siswa Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(2), 293. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9941
Nursalam, N. (2016). Diagnostik kesulitan belajar matematika: Studi pada siswa SD/MI di Kota Makassar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 1–15.
Rohati, R., Pasaribu, F. T., & Kumalasari, D. (2019). Pkm Pengayaan Materi Olimpiade Matematika Untuk Guru Sd Al Fath Dan Sd Jambi Islamic School Kota Jambi Provinsi Jambi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(4), 870. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i4.12402
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Selvianiresa, D. (2017). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Nilai Tempat Mata Pelajaran Matematika Di Kelas I SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 65. https://doi.org/10.23969/jp.v2i1.451
Sudirman, S., & Rosyadi, R. (2018). Bagaimanakah Rancangan Pembelajaran Matematika Berbasis Kewirausahaan (Rpm-Bk) Dalam Mengembangkan Karakter Wirausaha Dan Keterampilan Matematis? M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.31943/mathline.v3i2.91
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mix-Method). Bandung: Alfabeta.
Suryawan, I. P. P., Gita, I. N., & Hartawan, I. Y. (2017). Peningkatan kompetensi siswa berbakat dalam bidang olimpiade matematika tingkat sd. Jurnal Widya Laksana, 6(2), 100–112.
Suwarjo, B., Suhandini, P., & Suanrso, A. (2016). Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik, Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Disiplin Terhadap Penyelesaian Masalah Matematika Sd. Journal of Primary Education, 5(1), 21–26. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–10. Retrieved from jfkip.umuslim.ac.id
Yusop, F. D. (2013). Curriculum and design analysis of a mathematics-based educational television program: a case study of Cyberchase animated television series. Malaysia Online Journal of Educational Techology, 1(2), 8–18.
Zudhah Ferryka, P. (2017). Permainan ular tangga dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 29(100), 58–64.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Moh.Zamroni, Nuri Iza Afidati, Een Unaenah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.