Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum
DOI:
https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7735Abstract
Hasil Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) digunakan dalam menyusun panduan kecakapan dan kemampuan numerasi untuk siswa dimana mengukur kemampuan berpikir kritis, dan mendasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan pengembangan bahan ajar matematika yang mampu memfasilitasi AKM. Acuan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Dalam artikel ini, tahapan penelitian terbatas pada tahapan analyze. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 5 guru matematika SMP Negeri 11 Yogyakarta kemudian dilanjutkan wawancara untuk menelaah hasil kuesioner secara lebih mendalam. Peneltiian dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2023. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan pendekatan saintifik. Mayoritas guru matematika mengeluhkan materi ajar yang monoton, kurang variatif dan belum berbasis AKM. Selama ini dalam pembelajaran matematika, guru menggunakan buku, LKS, modul, alat peraga yang sudah ada. Sumber belajar telah dimanfaatkan oleh guru belum berbasis AKM.
Keywords:
Bahan ajar, Asesmen Kompetensi MinimumDownloads
References
Asmaranti, W., Pratama, G. S., & Wisniarti. (2013). Desain Lembar Kerja Peserta Didik (Lks) Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 639–646.
Arlitasari, O., Pujayanto, P., & Budiharti, R. (2013). Pengembangan bahan ajar IPA terpadu bebasis salingtemas dengan tema biomassa sumber energi alternatif terbarukan. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret, 1(1), 81–89.
Fairuz, F. R., Fajriah, N., & Danaryanti, A. (2020). Pengembangan LKS Materi Pola Bilangan Berbasis Etnomatematika Sasirangan Di Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 29–38. https://doi.org/10.20527/edumat.v 8i1.8343
Gabriel, F., Buckley, S., & Barthakur, A. (2020). The impact of mathematics anxiety on self-regulated learning and mathematical literacy. Australian Journal of Education, 64(3), 227–242. https://doi.org/10.1177/0004944120947881
Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791. Retrieved from http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-775-
Kemendikbud. (2016). Panduan Pembelajaran untuk Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Kozaklı Ülger, T., Bozkurt, I., & Altun, M. (2020). Thematic Analysis of Articles Focusing on Mathematical Literacy in Mathematics Teaching-Learning Process. TeEği̇ti̇m VBi̇li̇m, 45(201). https://doi.org/10.15390/eb.2020.8028
Kurniawati, I., & Kurniasari, I. (2019). Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space And Shape Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk. MATHEdunesa, 8(2).
Mahendrawan, E. Solihat, I. & Yaniarti, M. (2022). Efektivitas Penggunaan LKS Problem Based Learning(PBL) Materi Aritmatika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. Volume 06, No. 01, Maret2022, pp. 338-347. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1119/545
Meriana, T., & Murniarti, E. (2021). Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 110–116. https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.7
Miftah, R. N., & Setyaningsih, R. (2022). Pengembangan Lks Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2199-2208.
Muhaimin, D. (2008). Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Sekolah dan Madrasah. PT Raja Grafindo Persada.
Munadi, Y. (2010). Media Pembelajaran. Gaung Persada (GP) Press.
Nurutami, A., Riyadi, R., & Subanti, S. (2018). The Analysis of Studentsr Mathematical Literacy Based on Mathematical Ability. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 135–142. https://doi.org/10.2991/miseic-18.2018.40
OECD. (2018). Pisa 2015 Result in Focus. OECD publishing.
Pradana, L., Sholikhah, O., Maharani, S., & Kholid, M. (2020). Virtual mathematics kits (VMK): Connecting digital media to mathematical literacy. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 15(3), 234–241.
Purwanti, K. L., Sukestiyarno, Y. L., Waluya, B., & Rochmat. (2020). The Analysis of Mathematical Literacy Abilities of Primary School Students, 443(Iset 2019), 341–344. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200620.066
Pusat Asesmen dan Pembelajaran (2020). Desain Pengembangan Soal AKM.
Rakhmawati, I., & Nugrahimi, Y. (2023). Penguatan Literasi Dan Numerasi Pada SDN 4 Bungur. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 211–217.
Ramdani, Y. (2012). Pengembangan instrumen dan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, penalaran, dan koneksi matematis dalam konsep integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1).
Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Assesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SD. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1. 14993
Rokhim, Deni Ainur, dkk. (2021). Analisis Kesiapan Peserta Didik dan Guru pada Asesmen Nasional (Asesmen Kompetensi Minimum, Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar). JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan. Volume 4 Nomor 1 Maret 2021 p. 61-71
Subeksti, P., & Widayanti, L. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Statistika dan Probabilitas dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika di STMIK Asia Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2), 96–105.
Wildan Hakim. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Agama Berbasis AKM. Jurnal Pustaka, Vol. 10 No 1, 29-39
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Titis Sunanti, Iis Apriyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.