Analisis Proses Berpikir Literasi Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Self-Renewal Capacity

Penulis

  • Peni Sri Rahayu Siliwangi Univesity

DOI:

https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7732

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan proses berpikir literasi matematis peserta didik ditinjau dari self-renewal capacity pada kategori tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kualitatif dengan metode penelitian yaitu metode eksplorasi. Teknik pengumpulan data berupa tes, dan wawancara. Peserta didik yang dijadikan subjek merupakan 3 orang peserta didik berdasarkan self renewal capacity kategori tinggi, sedang dan rendah. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas IX A SMP Islam Ibnu Hanbal Kota Tasikmalaya Indonesia. Adapun Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses literasi matematis subjek kategori rendah dan sedang mencapai dua dari tiga proses; proses merumuskan dan menafsirkan. Pada proses menerapkan konsep, subjek dengan kategori rendah dan sedang tidak mampu menemukan solusi matematika dari soal yang disajikan. Adapun subjek dengan kategori tinggi mampu menyelesaikan semua soal dengan benar, sehingga subjek kategori tinggi mampu mencapai ketiga proses literasi matematis, yaitu proses merumuskan, proses menerapkan, dan proses menafsirkan.

Kata Kunci:

Self Renewal Capacity, Literasi Matematis, PISA

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Y., Mulyati, T., dan Yunansah, H. (2018). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara

Astriyani, A. (2019). Analisis proses berpikir matematis pesera didik dalam menyelesaikan masalah aplikasi turunan. Jurnal pendidikan surya edukasi (JPSE). 5(2). 135-143. https://doi.org/10/37729/jpse.v5i2.6080.

Charter, E. (2003). The use of think-aloud methods in qualitative research an introduction to think-aloud method. Brock Education. 12(2). 68-82. Retrieved from: https://journals.library.brocku.ca/brocked/index.php/home/article/view/38/38

Febrilia, B. R. A., Juliangkary, E. & Korida, B. D. (2019). Analisis proses berpikir siswa dalam memecahkan soal cerita statistika. 8(3). 528-541. doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2270

Fiad, U., Suharto, & Kurniati, D. (2017). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri 12 Jember dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape. Kadikma, 8(1), 72–78.

Hamdi, M., & Ismaryanti, S. (2014). Metodologi Penelitian Administrasi: Filosofi penelitian. Modul Universitas Terbuka. 1-38. Retrieved from: http://repository.ut.ac.id/4613/

Hapsari, T. (2019). Literasi Matematis Siswa. Jurnal Euclid, 6(1), 84–94. http://doi.org/10.33603/e.v6i1

Hawsen, Moss, Caswell & Poliszczuk. (2015). Effect of mental rotation training on children’s spatial and mathematic performance: a randomized controlled study. Elsevier. 4. 60-68. doi: 10.1016/j.tine.2015.05.001.

Iqlima, S. (2016).Analisis Kesulitan Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Tentang Operasi Hitung Pecahan Ditinjau Dari Jenis Kelamin (Skripsi).Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.

Khoirudin, A., Setyawati, R. D., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk PISA. Aksioma, 8(2), 33–42

Komsiyah, I. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Lestari, Yudhanegara. (2015). Penelitian pendidikan matematika. PT Refika Aditama: Bandung.

Marina, Yusmin, E., & Yani, A. (2016). Proses literasi matematis dikaji dari content space and shape dalam materi geometri di sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran UNTAN, 1–11

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif: Edisi revisi. PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Sholihah. (2017). ANALISIS KESULITAN DALAM PENYELESAIAN PERMASALAHAN RUANG DIMENSI DUA. Jurnal Pendidikan matematika. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jmtk.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi: Mixed method. Alfabetha: Bandung.

Suryana, A. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PACE DALAM MENINGKATKAN SELF-RENEWAL CAPACITY. Bidang kajian: Pendidikan matematika

Utami, C., Nirawati, R. (2018). Pengembangan Kemampuan Literasi Matematis Melalui Model PjBL dengan Pendekatan Realistic Saintific dan Pengukuran Berbasis PISA. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(3), 345-355. Tersedia di: https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/1543/pdf

Wardono, Waluya, S. B., Mariani, S., Candra, S. (2016). Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo. Journal of Physics: Conference Series, 693, 1-10. Tersedia di: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/693/1/012014.

Wijayani, N. (2020). Proses literasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal pisa pada content space and shape. Thesis Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi.

Yogi, A. (2018). Proses asimilasi dan akomodasi mahasiswa bergaya kognitif field indefendent dalam menyelesaikan masalah geometri. Prosiding Seminar Nasional. 4(1). 394-404.

Unduhan

Abstract Views : 143
Downloads Count: 142

Diterbitkan

2024-01-28

Cara Mengutip

Rahayu, P. S. (2024). Analisis Proses Berpikir Literasi Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Self-Renewal Capacity. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 336–347. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7732