Analisis Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di SMK NEGERI 1 PADAHERANG
DOI:
https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7722Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat minat belajar siswa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas X Usaha Layanan Pariwisata (ULP) SMK Negeri 1 Padaherang. Analisis data yang digunakan adalah data hasil angket minat belajar siswa untuk kemudian dikategorikan berdasarkan tabel kategori minat belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil minat belajar siswa pada tiap indikator kategori sangat berminat berada pada persentase 6% - 15%, pada tiap indikator pada kategori berminat berada pada persentase 33% - 44%, pada tiap indikator kategori cukup berminat berada pada persentase 35% - 44%, pada tiap indikator kategori kurang berminat berada pada persentase 6% - 14%, dan pada indikator tidak berminat pada presentase 0%-2%. Minat belajar siswa pada pembelajaran matematika yang nilainya relatif kecil keberhasilan pencapaian indikator kategori sangat berminat dan berminat berada pada 41% untuk indikator ketiga. sedangkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika yang nilainya relatif tinggi pencapaian indikator kategori sangat berminat dan berminat berada pada 50% untuk indikator kesatu, 59% untuk indikator kedua, dan 53% untuk indikator keempat.
Keywords:
kategori, minat belajar siswa, matematikaDownloads
References
Asih, A., & Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 799-808.
Fitriani, I. (2017). Meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe cooperative integrated reading and composition pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas IV MI Dakwah Islamiyah Nurul Hakim Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11.
Hanipa, A., Misbahudin, A. R., Andreansyah, & Setiawan, W. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Mts Kelas Viii Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 315. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p315-322
Hidayat, Puput Wahyu dan Djamilah Bondan Widjajanti. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal Open Ended dengan Pendekatan CTL. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 13, No. 1, Hal. 63-75.
Islamiah, I. D. (2019). Pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 451-457.
Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: jurnal ilmiah pendidikan MIPA, 3(2).
Ndraha, I. S., & Mendrofa, R. N. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 672-681.
Nurhasanah. 2016. Minat Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan. Vol.1 No.1 Hal.135-142.
Nurhayati, Y., & Ni'mah, K. (2023). Analisis Resiliensi Matematis Siswa sebagai Self Assessment dalam Pembelajaran Matematika. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 8(2), 233-246.
Pasaribu, Dewi Sasmita., dkk. 2017. Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X Sman 10 Muaro Jambi. Jurnal Edufisika Vol. 02 No. 01.
Permatasari, I., Rudhito, M. A., & Sriyanto, H. J. (2011). Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Topik Kaidah pencacahan dengan Menggunakan Buku Ajar di Kelas XI IPA SMA Kolese De Brito. Prosiding Semnas Matematika dan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17-22.
Putri, B. B., Arifin, M., & Yuliansyah, B. T. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5, (2), 68-74.
Sari, E. W. (2020). Analisis minat belajar siswa pada pembelajaran matematika di SD Negeri 37 Kaur (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).
Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sd Negeri Karangroto 04 Semarang. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494
Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).
Sirait, Erlando Doni. 2016. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 6(1): 35-43, ISSN: 2088-351X.P
Sucipto, M. F., & Firmansyah, D. (2021). Analisis minat belajar siswa SMP pada pembelajaran matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 8(2), 376-380.
Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ratna Amalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.