Pengaruh Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Rahajeng Achyani Universitas Negeri Semarang
  • Liza Natalia
  • Syahrani Wahyu Dewi
  • Arista Nufus Afifah
  • Wildani Syawaluddin Ashhabi
  • Trimurtini

DOI:

https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7611

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi dampak penerapan Model Problem based learning terhadap peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas II SDN Ngaliyan 03. Pendahuluan menguraikan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika, khususnya kesulitan peserta didik dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi apakah Model Problem based learning dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menghadapi tantangan tersebut. Metode penelitian menggunakan desain studi kasus dan dijelaskan dengan kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Teknik analisis datanya menggunakan hasil pre-test dan post-test yang dilakukan oleh siswa kelas II dengan hasil rata-rata pre-test adalah 69,2% dan hasil rata-rata post-test adalah 87,6%. Jumlah sampel terdiri dari 14 anak laki-laki dan 12 anak perempuan, sehingga berjumlah 26 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Problem based learning secara signifikan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan. Kesimpulannya, Model Problem based learning efektif dalam meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita pada materi penjumlahan dan pengurangan untuk peserta didik kelas II Sekolah Dasar, hal ini dapat dilihat dari Presentase kenaikan rata-rata hasil pre-test dan post-test berada di angka 18,4 %, sehingga dapat diartikan pembelajaran melalui Problem based learning berdampak positif pada hasil belajar peserta didik kelas II sekolah dasar. Implikasi dari penelitian ini mencakup saran untuk menerapkan Problem based learning secara lebih luas dalam pembelajaran matematika, dengan harapan dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika di tingkat dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, A., Uyun, N., Deka Fitri, R., & Rahmawati, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Geometri. Jurnal Sosial Teknologi, 2(7), 659–654. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i7.377

Assegaff, Asrani., & Sontani, Uep Tatang. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (Pbl). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Volume 1. Halaman 38.

Effendi, R., & Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Script di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1814–1819. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.640

Fariana, A. N., Nahli, N. M., Herdiawal, H., Fuadi, A., & Nurjannah, N. (2022). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Fpb & Kpk Kelas V Sd Negeri. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 7(2), 1–7. https://doi.org/10.47435/jpdk.v7i2.995

Fauzi, I., & Arisetyawan, A. (2020). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri di sekolah dasar. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 27-35. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.20726

Giarti, S. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 37–46. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/26/24/

Itsna, A., Munawar, M., & Hariyanti, D. P. D. (2022). Stimulasi kemampuan berfikir kritis anak usia dini di masa belajar dari rumah (BDR). Wawasan Pendidikan, 2(1), 32–39. https://doi.org/10.26877/WP.V2I1.960 8

Ngatiatun, S., & Riyadi, U. (2013). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 3(1). https://core.ac.uk/reader/20335280

Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (LAM) Berbasis Teori Apos Pada Materi Turunan. 01(April), 1–23.

Nisak, K., & Istiana, A. (2017). Pengaruh Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 91. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.2540

Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845

Rohani, R. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas Ii Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Di Sdn 1 Suradadi Kecamatan Terara Tahun …. http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/21334

Sapoetra, B. P., & Hardini, A. T. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1044–1051. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.503

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudirman, S., Cahyono, E., & Kadir, K. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pesisir Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(2).

Sutrisno, S. (2015). Analisis kesulitan belajar siswa kelas II pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1/Maret). https://doi.org/10.26877/aks.v6i1/Maret.862

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/22311/13960

Zuriati, E., & Astimar, N. (2020). Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model problem based learning di kelas IV SD (studi literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1171-1182.

Downloads

Abstract Views : 719
Downloads Count: 457

Published

2024-01-28

How to Cite

Achyani, R., Natalia, L., Dewi, S. W., Afifah, A. N., Ashhabi, W. S., & Trimurtini. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 309–321. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7611