Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Makanan Daerah Terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Datar Segiempat
DOI:
https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7456Abstract
Etnomatematika merupakan disiplin ilmu yang mengeksplorasi hubungan erat antara budaya dan matematika. Artikel ini bertujuan untuk menguraikan konsep dasar Etnomatematika sebagai perpaduan yang harmonis antara unsur-unsur budaya dan aspek-aspek matematika melalui pengaruh penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Etnomatematika berbasis makanan daerah terhadap hasil belajar materi bangun datar segiempat pada siswa kelas IV di SDN Wonosari 02. Metode penelitian yang diterapkan menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa penilaian terhadap pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan mencapai nilai rata-rata sekitar 75. Nilai tersebut dapat disimpulkan berada pada kategori cukup. Hasil ini mengindikasikan bahwa penerapan Model PBL dengan pendekatan Etnomatematika berbasis makanan daerah dapat dianggap cukup baik diterapkan dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi bangun datar segiempat. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan metode pembelajaran matematika yang inovatif dan relevan dengan konteks lokal. Selain itu, hasil penelitian juga memberikan gambaran mengenai efektivitas Model PBL dengan pendekatan Etnomatematika dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa kelas IV terkait materi bangun datar segiempat. Implikasi penelitian ini dapat menjadi landasan bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih baik di masa depan, terutama dalam mengintegrasikan aspek lokal dan budaya dalam proses pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Dasar.
Downloads
References
Agustina, D. W., & Fitrihidajati, H. (2020). Pengembangan Flipbook Berbasis Problem Based Learning (Pbl) pada Submateri Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2). https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p325-339
Andriyani, & Kuntarto. (2017). Etnomatematika : Model Baru. Jurnal Gantang, II(2), 133–144. http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index
Aulia, R., Apsari, D., Haswati, S. M. B., Rusyda, H. F. S., Syafikarani, A., Lionardi, A., ... & Barlian, Y. A. (Eds.). (2022). Embracing the Future: Creative Industries for Environment and Advanced Society 5.0 in a Post-Pandemic Era: Proceedings of the 8th Bandung Creative Movement International Conference on Creative Industries (8th BCM 2021), Bandung, Indonesia, 9 September 2021. Taylor & Francis.
Bishop, A. J. (1994). Cultural Conflicts in Mathematics Education: Developing a Research Agenda. Cultural Conflicts in Mathematics Education: Developing a Research Agenda, 14(2), 15–18.
Darmayasa, J. B., Wahyudin, W., Mulyana, T., & Noto, M. S. (2018). Remembering the hindu festivities mathematically by the balinese using integer operations and least common multiple. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012057
Fathy, R., & Khair, M. L. (2021). Tahu Sejarah Tahu Sumedang. In Tahu Sejarah Tahu Sumedang (Issue April). https://doi.org/10.14203/press.258
Hariyadi, S., & Muttaqin, M. F. (2020). Pemahaman Konsep Geometri pada Pembelajaran Problem Based Learning Bermuatan Etnomatematika Bangunan Cagar Budaya Kota Semarang. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3). https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p204-210
Hutauruk, A. J. (2020). Karakteristik Etnomatematika dalam Pembelajaran Sekolah. Prosiding Webinar Ethnomathematics, 1(1), 58–62.
Nasution, I. E., Khofila, R., Azmi, M. U., Nasution, M. S. A., & Islamy, I. El. (2023). Akulturasi Islam Pada Budaya Kenduri Ketupat Pada Bulan Ramadhan. An Nadwah, 29(1). https://doi.org/10.37064/nadwah.v29i1.15266
P Harianto, S., Djoko Winarno, G., Safe’i, R., & Iswandaru, D. (2018). Kamus Ekowisata.
Rahmawati Fadila Dyah, & Marsigit. (2017). Pengembangan bahan ajar berbasis etnomatematika untuk meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(6).
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/7521
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dilla Fatmawati, Putri Nur Aurora, Maya Nur Amalia, Anggian Ristianto, Mayrasassi Utami, Trimurtini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.