Analisis Kualitas Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri
DOI:
https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7442Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan akhir semester (UAS) yang digunakan pada tahun ajaran 2021/2022 secara kuantitatif ditinjau dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Adapun jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X jurusan MIPA berjumlah 118 orang. Objek penelitian ini adalah soal ulangan akhir semester ganjil kelas X SMAN 1 Majene tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan wawancara untuk mendapatkan data penelitian berupa kisi-kisi soal, soal, kunci jawaban dan hasil atau jawaban peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anates versi 4.0.9. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ditinjau dari segi validitas soal dinyatakan valid; tingkat reliabilitas berada pada kriteria tinggi; tingkat kesukaran sebanyak 9 butir soal berada pada kategori sukar, sebanyak 7 butir soal berada pada kategori sedang dan sebanyak 4 butir soal berada pada kategori mudah; daya pembeda, sebanyak 10 butir soal berada pada kategori baik, sebanyak 8 butir soal berada pada kategori cukup baik dan terdapat 2 butir soal berada pada kategori jelek; efektivitas pengecoh sebanyak 6 butir soal memiliki efektivitas pengecoh yang sangat baik dan kurang baik, sebanyak 3 butir soal memiliki efektivitas pengecoh yang baik dan sebanyak 5 butir soal memiliki efektivitas pengecoh yang tidak baik. Kualitas butir soal secara keseluruhan, terdapat masing-masing 1 butir soal memiliki kualitas soal yang sangat baik dan sangat buruk, sebanyak 7 butir soal memiliki kualitas
Keywords:
Analysis; Quality; UAS ProblemDownloads
References
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ulangan akhir semester (UAS) yang digunakan pada tahun ajaran 2021/2022 secara kuantitatif ditinjau dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Adapun jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X jurusan MIPA berjumlah 118 orang. Objek penelitian ini adalah soal ulangan akhir semester ganjil kelas X SMAN 1 Majene tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 20 butir soal pilihan ganda. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan wawancara untuk mendapatkan data penelitian berupa kisi-kisi soal, soal, kunci jawaban dan hasil atau jawaban peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anates versi 4.0.9. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ditinjau dari segi validitas soal dinyatakan valid; tingkat reliabilitas berada pada kriteria tinggi; tingkat kesukaran sebanyak 9 butir soal berada pada kategori sukar, sebanyak 7 butir soal berada pada kategori sedang dan sebanyak 4 butir soal berada pada kategori mudah; daya pembeda, sebanyak 10 butir soal berada pada kategori baik, sebanyak 8 butir soal berada pada kategori cukup baik dan terdapat 2 butir soal berada pada kategori jelek; efektivitas pengecoh sebanyak 6 butir soal memiliki efektivitas pengecoh yang sangat baik dan kurang baik, sebanyak 3 butir soal memiliki efektivitas pengecoh yang baik dan sebanyak 5 butir soal memiliki efektivitas pengecoh yang tidak baik. Kualitas butir soal secara keseluruhan, terdapat masing-masing 1 butir soal memiliki kualitas soal yang sangat baik dan sangat buruk, sebanyak 7 butir soal memiliki kualitas
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alfiani AR, Suharti, Sitti Mania

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.