Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Kelas IV SDN Wonorejo 2

Authors

  • Fadia Nurluthfiana Universitas Muria Kudus https://orcid.org/0009-0004-3001-3854
  • Shinta Aulia Annisa Universitas Muria Kudus
  • Angga Dwi Saputra Universitas Muria Kudus
  • Putri Cahyani Universitas Muria Kudus
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7413

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berbantuan media audio visual terhadap kemampuan konsep matematis kelas IV SD N Wonorejo 2. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen one group pre-test and post-test design, dengan memberikan perlakuan pada salah satu kelas. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji Paired Sample T Test.  Hasil penelitian menunjukkan Model Numbered Head Together dengan bantuan Media Audiovisual berpengaruh pada Pemahaman Konsep Matematika. Dilihat nilai Sig. Pada Uji Sample Paired t-test 0,000 < 0,05. Pemberian perlakuan dengan Model Numbered Head Together dengan bantuan Media Audiovisual selama satu kali perlakuan mampu meningkatkan nilai pretest dengan rata-rata 50,62 menjadi saat posttest dengan rata-rata 75,9.

Keywords:

Model Kooperatif Numbered Head Together ,, Media Audio Visual, Kemampuan Matematis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 410
Downloads Count: 407

Published

2024-01-28

How to Cite

Nurluthfiana, F., Aulia Annisa, S., Dwi Saputra, A., Cahyani, P., & Amaliyah, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Kelas IV SDN Wonorejo 2. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 272–283. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7413