Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning
DOI:
https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7404Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran matematika banyak berorientasi pada bagaimana cara mengembangkan dan meningkatkan kemampuan penalaran siswa dalam menyelesaikan penalaran-penalaran matematika agar matematika lebih bermakna dalam kehidupan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Pangkalan Susu Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah teknik sampling purposive. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VIII-2 yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 dijadikan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes yang berbentuk uraian pada materi Teorema Pythagoras. Hasil dari penelitian Ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning lebih tinggi daripada kemampuan penalaran matematis siswa yang melalui pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Penalaran Matematis
ABSTRACT
Mathematics learning focuses a lot on how to develop and improve students' reasoning abilities in completing mathematical reasoning so that mathematics is more meaningful in students' lives. This study aims to know the increasing of mathematical reasoning ability using Contextual Teaching and Learning approach. This research is a quasi experiment research. This research was conducted at SMP Negeri 1 Pangkalan Susu Academic Year of 2023/2024. The sample technique used is purposive sampling. The population of this study were all class VIII students. The sample in this study consisted of 2 classes, namely class VIII-2 which was used as the experimental class and class VIII-3 which was used as the control class. The study involved the type of instrument, namely a test in the form of description test on Pythagoras Theorem. The result of this research show that the increase in students' mathematical reasoning abilities through the Contextual Teaching and Learning approach is higher than students' mathematical reasoning abilities through conventional learning.
Keywords: Contextual Teaching and Learning, Mathematical Reasoning Ability
Downloads
References
Ainun, N., & Asri, K. (2023). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 1 Suka Makmur Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Serambi Akademica, Jurnal pendidikan, Sains dan Humaniora. 11(1) Januari 2023. DOI : https://doi.org/10.32672/jsa.v11i1.5709
Astriani, N., & Dhana, M.B.A. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap
Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian
dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran. 16(2) : 246-250. DOI: http://dx.doi.org/10.26877/mpp.v16i2.13521.
Damayanti, M. (2022). Strategi Pembelajaran Mengatasi Kesulitan Anak Sekolah Dasar Dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika. 2st Proceeding STEKOM 2022. 2(2) : 279 – 290. Retrieved from https://prosiding.stekom.ac.id/index.php/SEMNASTEKMU/article/download/180/177/
Dhana, M. B. A., & Astriani, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 8 (1), 215-223. DOI : http://dx.doi.org/10.31949/th.v8i1.5070
Gustiadi, A., Agustyaningrum, N., & Hanggara, Y. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal materi Dimensi Tiga. Jurnal BSIS : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 4(1) : 337 – 348. DOI : https://doi.org/10.30606/absis.v4i1.894
Ikhwanuddin, Ikhsan, M., & Johar, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Materi Logika Siswa SMAN 7 Aceh Barat Daya. Jurnal Peluang. ISSN 2302-5158. DOI : https://doi.org/10.24815/jp.v7i1.13520
Nurfadhilah & MZ, A.A. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Siswa SMP. Jurnal Elemen. 4 (2), 171-182. DOI : https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.714
Oktaviana, V., & Aini, I., N. (2021). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Kelas VIII. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 4 (3), 587 - 600. DOI : http://dx.doi.org/10.22460/infinity.v6i1.234
Raharjo, S. (2018). Pengaruh Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan penalaran Matematis Siswa SMA. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia. 3(3), Maret 2018. Retrieved from https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/357
Sarumaha, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual Di SMP Negeri 1 Telukdalam. Jurnal Education and Development. 9(2), 611-615. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2945
Septiana, E. & Abdilah, E. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Model Problem Based Learning dengan Contextual Teaching and Learning. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika. 5(2): 80-87. DOI : http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.5.2.80-87
Sholihatun, A. D., Misdalina,. & Jumroh. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Macromedia Flash 8 Berbasis Pendekatan PMRI. Pythagoras : Jurnal Pendidikan Matematika. 16 (2) : 189-203. DOI : http://dx.doi.org/10.21831/pythagoras.v16i2.42194
Syachputra, F.I., & Muktiari, B.R. (2023). Kajian Teori: Pengembangan Modul Matematika pada Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (2023), 6, 270-274. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/66923.
Tukaryanto, Hendikawati,P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika dan Percaya Diri Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20211
Yulianti, S. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan CTL Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 2019, 62 – 70. DOI : http://dx.doi.org/10.31100/histogram.v3i1.342
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurullita Astriani, Muhammad Bayu Al Dhana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.