Penerapan Model PBL Berbantu Game Edukasi Digital Ular Tangga Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahmya hasil belajar siswa terhadappelajaran biologi kelas XI SMA N 7 Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penggunaan model PBL berbantu game edukasi digital ular tangga. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas. Subjel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus 2 dilakukan, apabila pada siklus 1 belum mencapai indikator keberhasilan pembelajaran. Pengumpulan data dan analisis data dilakukan dari hasil pelaksanaan pembelajaran dan observasi yang dilakukan kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan adaya peningkatan hasil belajar peserta didik. Penngkatan pada siklus 1 rata-rata sebesar 25,8% dan meningkat menjadi 81% pada siklus 2. Artinya terjadi peningkatan sebanyak 55,2%. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan berbantu game eduksi digital ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa