PROBLEMATIKA DALAM MENINGKATKAN APRESIASI SASTRA DI SMA MENGGUNAKAN KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Pendidikan sastra di tingkat menengah atas memperlihatkan tantangan besar dalam mempertahankan minat siswa terhadap karya sastra. Kurikulum Merdeka menekankan perbedaan antara keadaan nyata dan harapan teoretis. Keterbatasan materi dan pendekatan pembelajaran, kurikulum yang tidak sejalan dengan perkembangan zaman, dan kesulitan untuk menarik minat siswa adalah masalah utama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menemukan fenomena dan deskripsi mengenai problematika dalam meningkatkan apresiasi sastra di sekolah menengah menggunakan kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Adanya problematika dalam pembelajaran apresiasi sastra yakni kesulitan untuk menarik minat siswa terhadap sastra, kurangnya keahlian guru dalam mengimplementasikan kurikulum, juga adanya faktor penghambat dan pendukung dalam proses pelaksanaan kurikulum ini.