MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK

Authors

  • Aura Cintanya Deliani Agnesa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Majalengka

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan yang bertujuan untuk menemukan solusi terkait permasalahan dalam pembelajaran menulis cerita pendek siswa. Penelitian ini menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data utama. Acuan pokok penelitian ini yaitu jurnal berisi pembahasan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis teks cerita pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kepustakaan (library research) dimana metode ini digunakan untuk pengumpulan data atau berbagai informasi yang relevan sesuai dengan penelitiannya. Pada penelitian ini, penulis mendapatkan informasi melalui 3 (tiga) jurnal tentang model pembelajaran dalam menulis teks cerita pendek. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan setelah dilakukan pembelajaran menulis teks cerita pendek dengan menerapkan metode pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning). Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) dapat diterapkan oleh guru untuk pembelajaran keterampilan menulis teks cerita pendek karena model pembelajaran experiential learning berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks cerita pendek (cerpen).

Keywords:

studi kepustakaan, model pembelajaran, teks cerita pendek.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 234
Downloads Count: 257

Published

2023-03-01

Issue

Section

Articles