UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATERI PIDATO PERSUASIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PLANO KALENDER BEKAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media plano kalender bekas untuk meningkatkan prestasi siswa pada materi pidato persuasif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode wawancara dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Berdasarkan urain-urain di atas dapat disimpulkan, keberhasilan siswa dalam meningkatkan prestasi belajar pada materi pidato persuasif tergantung pada metode dan media pembelajaran yang digunakan. Plano kalender bekas dinilai sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa yang suka bermain, dengan media tersebut pembelajaran menjadi lebih efektif karna siswa terlibat secara aktif dalam mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, dan memberi saran. Dengan demikian dapat memberikan motivasi dan rangsangan kepada peserta didik untuk terus belajar. Media plano kalender bekas cocok diterapkan pada materi pidato persuasif dimana pemahaman siswa akan meningkat dengan menggunakan media dan metode tersebut. Dengan begitu prestasi siswa pada materi pidato persuasif akan meningkat.