PENGGUNAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR

Authors

  • Dede Dina Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Majalengka

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kepustakaan yang bertujuan untuk mengupas secara tuntas terkait solusi permasalahan dalam pembelajaran dalam menulis teks prosedur siswa, berdasarkan berbagai informasi seperti: jurnal, artikel, dan karya-karya ilmiah lainnya. Di dalam penelitian ini mengambil 3 (tiga) jurnal yang telah diterbitkan sehingga data atau teori yang dipaparkan menjadi cukup kuat dan jelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dimana studi kepustakaan digunakan untuk mengumpulkan berbagai sumber data atau teori yang mendukung dalam terbentuknya karya ilmiah ini. Adapun pembahasan dalam karya ilmiah ini adalah mendapatkan berbagai informasi melalui 3 (tiga) jurnal tentang model pembelajaran dalam menulis teks prosedur. Berdasarkan hasi penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Pertama keterampilan menulis teks prosedur tanpa menggunakan model project based learning berbantuan media gambar berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 70,83. Kedua keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan model project based learning berbantuan media gambar berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 84,25. Ketiga berdasarkan uji hipotesis disimpulkan bahwa model project based learning cocok digunakan guru untuk pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur karena model pembelajaran project based learning berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa.

Keywords:

Model Pembelajaran, Studi Kepustakaan, Teks Prosedur

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 743
Downloads Count: 1056

Published

2023-03-01

Issue

Section

Articles