Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/jsk.v1i2.8353Abstract
Kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan untuk memberikan mahasiswa berbagai keahlian dan keterampilan dengan berperan sebagai mitra guru dalam menciptakan inovasi dalam pembelajaran melalui program kampus mengajar angkatan 5. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan strategi serta model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan, sehingga berdampak pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah. Metode yang diterapkan dalam pengabdian ini melibatkan partisipasi mahasiswa secara aktif bersama guru di sekolah dalam merancang serta melaksanakan strategi pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menarik dengan memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar yang ada guna meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap literasi dan numerasi. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SD Negeri Jatiraga II yang terletak di Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 bulan pada tanggal 20 Februari 2023 sampai dengan 9 Juni 2023. Hasil akhir program Kampus Mengajar secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di SD Negeri Jatiraga II. Setelah program ini diimplementasikan selama empat bulan, terjadi peningkatan rata-rata skor literasi sebesar 70% dan skor numerasi sebesar 25% berdasarkan pada AKM kelas hasil pretes dan postes. Selain itu, partisipasi siswa dalam kegiatan literasi dan numerasi juga meningkat secara signifikan yang menunjukkan minat dan motivasi yang tinggi pada program yang sudah dilaksanakan.
Keywords:
Kemampuan Literasi, Kemampuan Numerasi, Sekolah Dasar, Kampus MengajarDownloads
References
Anugrah, T. M. Fajar, 2021. Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional 3(3) : 2021
Fachri, M., Rozi, F., & Putri, F.N. 2023. Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Melalui Manajemen Pembelajaran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2) : 1055 – 1068
Kemendikbud. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional.
Lisnawati, I & Ertinawati, Y. 2019. Literat Melalui Presentasi. Jurnal Metaedukasi, 1(1) : 1-12
Nurhasanah, A.D. & Nopianti, H. 2021. Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Lancang Kuning. 166-173
Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430.
Putri, Banowati Amalia (2021) Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aljabar. Undergraduate (S1) Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang.
Rismauli, J., Munthe, B., Herman, Jufri, Gustinawati. 2022. “Program Kampus Mengajar Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di SD 014 Kampung Baru”. REKA KARYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3) : 2022
Santika, I.W.E. 2020. Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Jurnal Indonesian Values and Character Education (IVCEJ), 3 (1) : 8-19
Tim Program Kampus Mengajar. 2023. Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 5. Program Kampus Mengajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi