Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 5

Authors

  • Sudianto Sudianto Universitas Majalengka
  • Yolan Faiz Jamahsyari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Alya Fatihah Hendayana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Inayah Fauziah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yesi Utami Pebrianti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jsk.v1i1.6226

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 5. Program ini melibatkan mahasiswa sebagai relawan untuk mengajar di sekolah-sekolah di daerah terpencil yang memiliki tantangan dalam hal literasi dan numerasi. Metode yang digunakan dalam program ini adalah melalui pendekatan yang interaktif dan partisipatif. Mahasiswa bekerja sama dengan guru di sekolah untuk merancang dan mengimplementasikan strategi pembelajaran yang kreatif dan menarik. Mereka menggunakan berbagai bahan dan sumber daya yang tersedia untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terkait literasi dan numerasi. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SD Negeri Campaga II yang terletak di Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 bulan pada tanggal 20 Februari 2023 sampai dengan 9 Juni 2023.  Hasil akhir program Kampus Mengajar secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di SD Negeri Campaga II. Setelah program ini diimplementasikan selama empat bulan, terjadi peningkatan rata-rata skor literasi sebesar 28% dan skor numerasi sebesar 36% berdasarkan pada hasil pretes dan postes. Selain itu, partisipasi siswa dalam kegiatan literasi dan numerasi juga meningkat secara signifikan yang menunjukkan minat dan motivasi yang tinggi. Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memberikan kontribusi positif dalam pendidikan dasar, sementara siswa mendapatkan manfaat dari pendekatan pembelajaran yang inovatif, interaktif dan berfokus pada peningkatan literasi dan numerasi.

Keywords:

Kemampuan Literasi, Kemampuan Numerasi, Sekolah Dasar, Kampus Mengajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fachri, M., Rozi, F., & Putri, F.N. 2023. Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Melalui Manajemen Pembelajaran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2) : 1055 – 1068

Kemendikbud. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional.

Lisnawati, I & Ertinawati, Y. 2019. Literat Melalui Presentasi. Jurnal Metaedukasi, 1(1) : 1-12

Nurhasanah, A.D. & Nopianti, H. 2021. Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Lancang Kuning. 166-173

Patriana, W. D., Sutama, S., & Wulandari, M. D. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430.

Putri, Banowati Amalia (2021) Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aljabar. Undergraduate (S1) Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang.

Santika, I.W.E. 2020. Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Jurnal Indonesian Values and Character Education (IVCEJ), 3 (1) : 8-19

Tim Program Kampus Mengajar. 2023. Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 5. Program Kampus Mengajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi

Downloads

Abstract Views : 375
Downloads Count: 264

Published

2023-05-31

How to Cite

Sudianto, S., Jamahsyari, Y. F., Hendayana, A. F., Fauziah, I., & Pebrianti, Y. U. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 5. SANISKALA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 15–21. https://doi.org/10.31949/jsk.v1i1.6226

Issue

Section

Articles