Peningkatan Kompetensi Guru Biologi melalui PATIH BIMA (Program Pelatihan Belajar Inovasi Mandiri dan Aplikasi) Berbasis Bioglocal

Authors

  • Abdur Rasyid Universitas Majalengka
  • M Kurnia Sugandi Universitas Majalengka
  • Ilisya P. Indrasari 3Madrasah Aliyah Darul Ulum Majalengka
  • Ade Nurpiana Madrasah Aliyah negeri 1 Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jsk.v1i1.6217

Abstract

Program Pelatihan Belajar Inovasi Mandiri dan Aplikasi (PATIH BIMA) berbasis bioglocal dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru biologi SMA di Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Pendampingan diberikan kepada guru dalam mengimplementasikan media berbasis bioglocal dalam pembelajaran, dan evaluasi menunjukkan bahwa 90% guru merasa terbantu dalam mengatasi kendala teknis maupun pedagogis.Penggunaan aplikasi Augmented Reality assembler meningkatkan pemahaman siswa tentang materi pelajaran kompleks, sedangkan penggunaan soal High Order Thinking Skills (HOTS) meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa pemanfaatan media berbasis bioglocal dan aplikasi Augmented Reality assembler memberikan manfaat nyata bagi guru dan siswa. Guru-guru menjadi lebih inovatif dan efektif dalam menyampaikan materi pelajaran, sementara siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis mereka.Program PATIH BIMA berbasis bioglocal berhasil mencapai tujuan yang ditetapkan. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran telah membawa perubahan positif dalam proses pembelajaran dan peningkatan kemampuan guru. Rekomendasi untuk pengembangan selanjutnya adalah meluaskan program ini ke wilayah yang lebih luas dan meningkatkan pendampingan serta kerjasama dengan lembaga pendidikan dan penelitian lainnya untuk mendukung pengembangan konten dan aplikasi pembelajaran yang lebih bervariasi dan relevan

Keywords:

bioglocal, Augmented Reality assembler, High Order Thinking Skills (HOTS)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Z., Ahmad, H., & Rahman, Z. A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 5 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(23), 514-521.

Arifin, Z. (2019). Pembelajaran Mandiri sebagai Bentuk Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru di SDIT Al-Furqon Semarang. EL-HARAKAH, 21(1), 1-18.

Harahap, A., Sucipto, A., & Jupriyadi, J. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality (Ar) Pada Media Pembelajaran Pengenalan Komponen Elektronika Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi, 1(1), 20-25.

Hikmah, S., Kanzunnudin, M., & Khamdun, K. (2023). Pengembangan Media 3D Materi Indera Pendengaran Manusia dengan Augmented Reality Assembler Edu. Journal on Education, 5(3), 7430-7439.

Johnson, B. et al. (2023). Enhancing Critical Thinking Skills through High Order Thinking Skills (HOTS) Questions in Biology Education. International Journal of Science Education, 20(3), 225-240.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran Baru 2020/2021. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Riset dan Teknologi. (2020). Pedoman Program Kemitraan Masyarakat Tahun 2020. Jakarta: Kementerian Riset dan Teknologi.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prastowo, A. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Tata Kelola Madrasah Berbasis ISO 9001:2008 di MTsN Kandangan Kabupaten Temanggung. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 33-46.

Rasyid, A., Sugandi, M. K., & Nahdi, D. S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Science Technology Enginering Mathematic (STEM) Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Sains (pp. 1-10).

Smith, A. et al. (2023). The Impact of Augmented Reality Applications on Student Understanding of Complex Topics in Biology. Journal of Educational Technology, 15(2), 112-128.

Sofyan, F. A. (2019). Implementasi HOTS pada kurikulum 2013. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1-9.

Unesco. (2017). Teacher Development for Inclusive Relevant and Sustainable Society. Bangkok: Unesco Bangkok.

Winarno, W. S. (2021). Pembelajaran Abad 21 di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 4(1), 19-27.

Downloads

Abstract Views : 115
Downloads Count: 237

Published

2023-05-31

How to Cite

Rasyid, A., Sugandi, M. K., Indrasari, I. P., & Nurpiana, A. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Biologi melalui PATIH BIMA (Program Pelatihan Belajar Inovasi Mandiri dan Aplikasi) Berbasis Bioglocal . SANISKALA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.31949/jsk.v1i1.6217

Issue

Section

Articles