Peningkatan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pelatihan Pengelolaan Sampah Berbasis 3R (Reduce, Reuse, Recycle)
DOI:
https://doi.org/10.31949/jsk.v1i1.6216Abstract
Kondisi awal di lingkungan SMPN 1 Talun keadaannya masih banyak lahan yang kurang dikembangkan secara maksimal. Sampah plastik yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh warga sekolah jumlahnya sangat banyak dan hal ter tersebut mempengaruhi lingkungan sekolah yang kurang sehat. Dalam membentuk pola pikir peduli terhadap lingkungan dapat dilakukan melalui pendidikan dnegan penguatan karakter peduli lingkungan. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan mulai tanggal 13-17 Maret 2023 dengan mitra sasaran siswa SMPN 1 Talun Kabupaten Cirebon. Metode pelaksanaan dengan pendekatan yang meliputi:1) Observasi Awal dengan mitra mengenai kebutuhan dan kondisi mitra, 2) Sosialisasi awal bertujuan menjaring peluang mitra sebagai bahan kajian dan, 3) Pelatihan dan Penyuluhan pengelolaan sampah berbasis 3R (Reduce, Reuse, Recycle), 4) Pendampingan mitra bertujuan untuk pengembangan. Hasil lembar angket karakter peduli lingkungan siswa pada indikator afektif lingkungan (sikap peduli lingkungan) sebesar 85% dan indikator perilaku (komitmen nyata pro lingkungan) sebesar 80% dengan kategori tinggi. Hasil evaluasi program kegiatan yang dilakukan oleh tim bahwa pelaksanaan program PKM dengan melibatkan mitra dapat disimpulkan seluruh program sudak terlaksana dan diaplikasikan dengan baik.
Keywords:
Karakter Peduli lingkungan, Pengelolaan Sampah Berbasis 3R (Reduce,Reuse, Recycle)Downloads
References
Al-anwari, Amirul Mukminin. (2012). Strategi Pembentukan Karakter Pedul Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri. Jurnal Ta’dib, vol XIX. No 02. IAIN Sultan Thahah Saifuddin Jambi.
Arisona, Risma Dwi. (2018). Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Pada Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan. Al-Ulya: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3, No 2. IAIN Ponorogo.
Berkowitz, M.W.& Bier, M.C. (2005). What Works In Character Education: A Research-Driven Guide for Educators, Washington DC: University of Missouri St Louis.
Dirgantara, I Made Bayu. (2013). Pengetahuan Mendaur Ulang Sampah Rumah Tangga Dan Niat Mendaur Ulang Sampah. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi Vol 10, No 1. Universitas Diponegoro.
Ismail, M.Jen. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran vol.4. no 1. Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Panduan Pembinaan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Di Sekolah.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Maknun, Djohar. (2011). Praktikum Proyek Ekologi Berbasis Kondisi Ekobiologis Lokal Dalam Meningkatkan Literasi Lingkungan Dan Tindakan Konservasi Mahasiswa. Holistik Vol 12, No 02.
Tresnani. Lia Dwi. (2020). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Pembiasaan di SMP Negeri 6 Pekalongan. Jurnal Al-Hikmah Vol 2, No 1. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Widiyaningrum, Priyantini, dkk. (2015). Evaluasi Siswa Dalam Pengelolaan Sampah Untuk Mendukung Program Sekolah Adiwiyata. IJC (Indonesian Journal of Concervation) Vol 04, No 1. Universitas Negeri Semarang.