Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Pelatihan yang Efektif untuk Santri di Kabupaten Majalengka
DOI:
https://doi.org/10.31949/jsk.v1i1.6189Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode dan strategi yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris melalui pelatihan. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data dari partisipan yang mengikuti pelatihan intensif. Metode pelatihan yang diterapkan melibatkan kombinasi antara kursus tatap muka dan penggunaan teknologi digital, seperti aplikasi pembelajaran Bahasa Inggris dan sumber belajar daring. Selain itu, partisipan juga dilibatkan dalam diskusi kelompok dan kegiatan berbasis proyek yang mendorong interaksi dalam berbahasa Inggris. Tujuan utama pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris untuk santri. Kegiatan Pengabdian ini merupakan kegiatan pengabdian yang melibatkan mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris di Universitas majalengka, dan tahapan pelatihan pada kegiatan PKM meliputi beberapa tahap, tahap pertama yaitu memberikan kuesioner untuk melihat masalah yang dihadapi para santri dalam belajar berbicara bahasa Inggris, selanjutnya tahap kedua yaitu melaksanakan pelatihan keterampilan berbiucara Bahasa inggris dengan cara berbicara Bahasa Inggris, dan tahap ketiga yaitu melakukan evaluasi terhadap pelatihan yang telah dilakukan dengan cara memberikan kuesioner kedua kepada para santri terhadap hasil pelatihan keterampilan berbicara bahasa Inggris. Hasil angket diketahui bahwa motivasi santri dalam berbicara bahasa Inggris meningkat setelah mengikuti pelatihan berbicara Bahasa Inggris. Kesulitan siswa berbicara bahasa Inggris karena keterbatasan dalam kosakata, pengucapan dan tidak mau mempraktekan berbicara Bahasa Inggris dalam aktifitas kesehariannya. Maka dari latar belakang tersebut dibuatlah sebuah pelatihan yang bertema, “Pelatihan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris”. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Pondok Pesantren Raudlatul Mubtadi’in Desa Cisambeng Kecamatan Palasah Kab, Majalengka, Jawa Barat.
Keywords:
Pelatihan, Keterampilan Berbicara, Bahasa InggrisDownloads
References
Ardiwinata, J. S., & Mulyono, D. (2018). Community Education in Community Development. Jurnal Empowerment, 7(1).
Yousef, B. A, Mobit. Andriamella, E., Hasna, A., Dinda, A, S., Diajeng, N, V.,(2022). Pelatihan Teknik Public Speaking Bagi Guru Dalam Pengajaran Bahasa Inggris di Pondok Pesantren. Nusantara Hasana Journal, 2(6).
Ariwibowo, S., Yuliastuti, A., & Pujimahanani, C. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris Santri Pondok Pesantren Bismar Al-Mustaqim Surabaya Dengan Pendekatan Fungsional. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 05(02), 91–96. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpm17.
Bahtiar, Yuyun, Fikri, Ahmad Kanzul., Khasibah, N. (2022). Pendampingan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Santri diPondok Pesantren. PENDIDIKAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 100. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/2821/1317
Breakey, L. K. (2005). Fear of public speaking-the role of the SLP. Journal of Seminars in Speech and Language, 26(02), 107–117.
Dedi Rosadi. (2011). Analisis Ekonometrika dan Runtun Waktu Terapan dengan R: aplikasi untuk bidang ekonomi, bisnis, dan keuangan Yogyakarta: Andi Offset.
Koyak, Y., & Üstünel, E. (2020). Recorded motivational videos to improve then speaking skills of adult learners. Online Submission, 5(2), 79-98.
Nur’aini, I.Dyah, P. T. U (2022). Pelatihan Berbicara Bahasa Inggris bagi Santri. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 445-454.
Naqiyah, N., Ilhamudin, M. F., Faidah, M., Mardliyah, S., & yani, M. T. (2021). Pengembangan Keterampilan Pidato Untuk Meningkatkan Self-Eficacy Berbicara Di Muka Umum, Pondok Pesantren Al-Falah, Desa Mojo, Kecamatan Ploso Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Jurnal ABDI, 7(1), 44–49.
Puskur Balitbang Depdiknas. (2006). Draft Panduan Penyusunan Kurikulum Dan Silabus Bervisi Sets (Salingtemas) Tingkat Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.
Sahyoni & Ayu, M. P. S. (2023). Optimalisasi Program “English for Public Speaking” Untuk Santri di Pondok Pesantren di Mandailing Natal. 3(1)
Yus, F. (2011). Cyberpragmatics. Internet-mediated communication in context.
Wulandari, D. F., Praptawati, D., & Permatasari, R. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris Dengan Metode Integrated Skill Bagi Santri Pondok Pesantren Ar-Rohmah Mranggen.
Zhang, X., Ardasheva, Y., & Austin, B. W. (2020). Self-efficacy and English public speaking performance: A mixed method approach. English for Specific Purposes, 59, 1–16. https://doi.org/10.1016/j.esp.2020.02.001