Pengaruh Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak-anak di Nagari Salimpaung

Authors

  • Amanda UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Elia Kurnia Sari UIN Mahmud Yunus Batusangkar
  • Yufi Latmini Lasari UIN Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31949/jsk.v2i2.12018

Abstract

Minat mempengaruhi kemampuan anak mempelajari sesuatu. Bagi guru, anak-anak dengan semangat belajar akan lebih mudah membimbing mereka dalam mencapai prestasi belajar yang optimal. Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan menurunnya minat belajar, seperti jumlah media pembelajaran yang terbatas dan tidak menarik, fasilitas pendidikan yang buruk, kualitas pembelajaran, dan kurangnya keterlibatan orang tua dalam membimbing pendidikan anak. Kurangnya minat belajar ini menyebabkan penurunan kecerdasan yang signifikan. Solusi yang ditawarkan berupa menyediakan lingkungan belajar kreatif berupa bimbingan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar dalam meningkatkan minat belajar anak-anak di Nagari Salimpaung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek Penelitian ini adalah anak-anak sekolah dasar yang berada di Nagari Salimpaung khususnya jorong Nan II Suku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  minat belajar anak meningkat dibuktikan dengan antusisme anak dalam menghadiri dan menjawab pertanyaan pembimbing, jumlah anak yang tidak membuat tugas sudah berkurang, dan anak-anak yang biasanya malas belajar sudah menunjukkan minat belajar yang signifikan.

Keywords:

Motivasi belajar, Minat belajar, Mahasiswa KKN, Program KKN, Bimbingan belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, S. K., & Ismaya, E. A. (2023). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Di Sd 2 Bae, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).

Anshory, M. I., Syarif, & Diyan. (2022). Efesiensi Bimbel Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Sd Di Desa Lodaya Kabupaten Pemalang. Swarna; Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Friska, N., Putri, F. L., Napitupulu, J., Waudy, K., Zhafirah, R., & Nazilla, T. (2023). Upaya Pengabdian Mahasiswa Kkn Dalam Menciptakan Warga Yang Bermartabat Di Desa Penggalangan. Communnity Development Journal, 4(4).

Hidayatunnikmah, N., Fajrin, F. Q., Savitri, R., Faradisi, A. R., Nabilah, T. Z., Sukarno, A. F., Sa’diyah, A. P. K., Maulidyah, F. E., Nurdiansyah, M. A., & Nagaretna, A. (2023). Pendampingan Bimbingan Belajar Dengan Metode Learn And Play Guna Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Siswa Sd. Jurnal Budimas, 5(2).

Indriyani, R., Aswani, R., Manik, P. F., & Amanina, N. A. (2022). Upaya Kelompok Kkn 94 Dalam Memberikan Pembelajaran Tambahan Berupa Les Untuk Menambah Ilmu Pengetahuan Anak Di Kelurahan Mesjid. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 9(4).

Kurniawan, D. (2021). Pengembangan Media Miniatur Bencana Erupsi Gunung Api Untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3).

Masnawati, E., Nafisah, Z., Nada, A. Q., & Hasanah, U. (2023). Optimalisasi Pendidikan Melalui Bimbingan Belajar Di Malam Hari. Communnity Development Journal, 4(2).

Mohzana, M. (2023). Penerapan Pembelajaran E-Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19. Journal Of Education And Instruction (Joeai), 6(1), 223–232. Https://Doi.Org/10.31539/Joeai.V6i1.6069

Pane, J., Tumanggor, R. M., Silaban, B., Asnida, A., Situmeang, S., & Lumbantobing, N. N. (2022). Kegiatan Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 2(3), 23–28. Https://Doi.Org/10.31004/Abdira.V2i3.152

Purwanti, H. A. (2020). Penerapan Model Visualization, Auditory, Kinesthetic Berbantuan Media Animasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Materi Lapisan Bumi. Jurnal Profesi Keguruan (Jpk), 6(2).

Widad, H. M. Z. W., Jumiati, I. E., Rosyada, D. R. A., Septiani, M., Fahrezi, R., Gulantir, R. S., Gabe, Y. W. B., Umam, K., & Sajidah, A. (2022). Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Desa Batukuwung. Bantenese : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 20–34. Https://Doi.Org/10.30656/Ps2pm.V4i1.4484

Downloads

Abstract Views : 39
Downloads Count: 19

Published

2024-11-30

How to Cite

Amanda, Sari, E. K., & Lasari, Y. L. (2024). Pengaruh Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak-anak di Nagari Salimpaung. SANISKALA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 32–38. https://doi.org/10.31949/jsk.v2i2.12018

Issue

Section

Articles