Pelatihan Digital Marketing, Pembuatan NIB, dan Sertifikasi Halal Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Pangauban Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung

Authors

  • Eliva Sukma Cipta Universitas Islam Nusantara
  • Ayu Tri Nuraini Universitas Islam Nusantara
  • Adinda Yuana Surendra Universitas Islam Nusantara
  • Aji Rifki Zulfikar Universitas Islam Nusantara
  • Annisaa Aprilia Wahyuni Universitas Islam Nusantara
  • Ahmad Syafi’i Labib Universitas Islam Nusantara
  • Dini Fitriani Universitas Islam Nusantara
  • Saniyah Nurjihan Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31949/jsk.v2i2.11537

Abstract

Tujuan pelatihan adalah untuk memberikan pemahaman tentang penggunaan marketplace, membantu UMKM dalam pembuatan NIB dan sertifikasi halal untuk memenuhi standar regulasi dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung semua pelaku UMKM di Desa Pangauban untuk berkembang, bersaing di era digital, serta meningkatkan kemampuan produksi dan pemasaran. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu survey, sosialisasi, pelaksanaan kegiatan, evaluasi, dan diseminar kepada seluruh para pelaku UMKM di Desa Pangauban, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung. Hasil pelatihan memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Pangauban. Salah satunya adalah peningkatan kesadaran akan pentingnya pemasaran online dan legalitas produk.

Keywords:

digital marketing, Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikasi halal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiputra, R. F. (2024). Strategi Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness Pada Brand Minuman Haus ! Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(7), 207–212.

Billa, S., & Winarti, O. (2023). Penerapan Digital Marketing Dalam Media Sosial Tiktok PT Otak Kanan Untuk Membangun Brand Awarness. Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 74–83.

Cipta, E. S., Husaeni, A. S., Anwar, F., & Cahyati, C. (2023). Analisis Pengaruh Media Digital terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal, 4(3), 109–115. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/ainj.v4i3.271

Sonani, N., & Sudrajat, A. P. (2023). Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran Online dalam Meningkatkan Brand Awareness. SABAJAYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 222–230. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34-39.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76.

Habib, M. A. F., & Sutopo, S. (2024). Pembinaan Umkm Dalam Aspek Komunikasi Pemasaran Sebagai Wujud Pemberdayaan Perempuan Di Sekitar Kawasan Wisata Pantai. Journal of Islamic Tourism Halal Food Islamic Traveling and Creative Economy, 4(1), 85-100.

Nuari, A. R. (2017, October). Pentingnya Usaha Kecil Menengah (Ukm) Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia. In Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu (Vol. 12).

Qomaro, G. W., Hammam, H., & Nasik, K. (2019). Pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah sektor pangan dalam meningkatkan perekonomian lokal melalui pendampingan sertifikasi halal di Kecamatan Tragah Bangkalan. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 5(2), 137-142.

Rachmawati, R. R., & Gunawan, E. (2020). Peranan petani milenial mendukung ekspor hasil pertanian di Indonesia. In Forum penelitian agro ekonomi (Vol. 38, No. 1, pp. 67-87).

Ramadhan, M. I. R., & Rohman, A. (2024). Kelayakan Bisnis Usaha Pentol Gapek Di Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep Dalam Tinjauan Legalitas. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6).

Santoso, N. A., & Redaputri, A. P. (2023). Pendampingan Pendaftaran NIB &P-IRT Bagi Umkm Binaan Rumah Bumn Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 184-192.

Sonani, N., & Sudrajat, A. P. (2023). Pelatihan Strategi Komunikasi Pemasaran Online dalam Meningkatkan Brand Awareness. SABAJAYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 222–230. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm

Wahyuni, H. C., Handayani, P., & Wulandari, T. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal untuk Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 17-25.

Yuniarti, A. (2023). Pemberdayaan UMKM tentang pentingnya adaptasi digital dan legalitas usaha di Limpomajang Kec. Majauleng Kab. Wajo. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 2(1), 299-306

Downloads

Abstract Views : 56
Downloads Count: 38

Published

2024-11-25

How to Cite

Cipta, E. S., Ayu Tri Nuraini, Adinda Yuana Surendra, Aji Rifki Zulfikar, Annisaa Aprilia Wahyuni, Ahmad Syafi’i Labib, … Saniyah Nurjihan. (2024). Pelatihan Digital Marketing, Pembuatan NIB, dan Sertifikasi Halal Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Pangauban Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung . SANISKALA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 25–31. https://doi.org/10.31949/jsk.v2i2.11537

Issue

Section

Articles