Pelatihan Canva Sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31949/jsk.v2i1.11347Abstract
Penggunaan teknologi dalam pendidikan semakin berkembang pesat, termasuk dalam bidang pembelajaran matematika. Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan adalah Canva, sebuah platform desain grafis yang mudah digunakan dan fleksibel dalam mendukung pembelajaran visual. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan pengabdian masyarakat yang dilakukan kepada mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Majalengka melalui pelatihan pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran interaktif. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan mahasiswa dalam menyajikan materi matematika secara lebih menarik dan mudah dipahami. Metode pengabdian yang digunakan adalah pelatihan dan praktik langsung, di mana mahasiswa diperkenalkan dengan fitur-fitur Canva serta diberikan kesempatan untuk membuat materi pembelajaran berbasis visual. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa mahasiswa lebih termotivasi dan mampu menyajikan konsep-konsep matematika dengan lebih baik melalui visualisasi yang dihasilkan dengan Canva. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi serta kemampuan mereka dalam mengajar di masa depan.
Keywords:
Canva;, media pembelajaran interaktif;, pembelajran matematika;Downloads
References
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.
Gunawan, I. (2018). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Alfabeta.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.
Nugraha, D. (2020). Pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran interaktif dalam pengajaran di sekolah menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 5(2), 115-123.
Purba, Y.A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325-1334
Setiawan, A. (2019). Pengaruh Visualisasi dalam Pembelajaran Terhadap Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 12(2), 133-141.
Suhartini, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis Canva untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 250-258.