PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP PERKEMBANGAN BICARA ANAK AUTIS DI TK GISPI MAJALENGKA

  • Mega Sugiharti Rumadi Universitas Majalengka
  • Lita Universitas Majalengka
  • Abu Syahabudin Universitas Majalengka

Abstrak

Abstrak

 

Perkembangan bicara adalah proses yang sulit bagi anak, karena memang ada lima aspek pengetahuan bahasa yaitu: fonetik, semantik, sintaksis, morfemik, dan pragmatik.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (i) penggunaan media flashcard. (ii) perkembangan bicara anak autis. (iii) pengaruh penggunaan media flash card terhadap perkembangan berbicara anak autis. Adapun sampel dari penelitian ini adalah 4 orang siswa anak ABK di sekolah inklusi TK GISPI Majalengka Tahun Ajaran 2018/2019.

      Secara umum penelitian ini bersifat empiris dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi. Pengaruh penggunaan media flash card terutama dalam upaya mengembangkan perkembangan berbicara anak autis di TK GISPI Majalengka termasuk kategori Berkembang Sesuai  Harapan (BSH), dengan hasil presentase 75%. Perkembangan berbicara anak autis di TK GISPI Majalengka sebelum penerapan penggunaan media flash card ternyata masih kurang, hanya mencapai 50% untuk anak yang Mulai Berkembang. Adapun Sesudah menerapkan pembelajaran media flash card terjadi peningkatan yang sangat menggembirakan yaitu 50% Berkembang Sangat Baik (BSB), ini membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan media flash card sangat penting terutama dalam upaya mengembangkan perkembangan berbicara anak autis. Hal ini terbukti adanya peningkatan. Dan pengaruh media flash card terhadap perkembangan berbicara anak autis di TK GISPI Majalengka memiliki korelasi yang sangat tinggi sebesar 8,51. 

Kata kunci :

 

Diterbitkan
2020-02-22
Bagian
Articles