PENGARUH PENERAPAN METODE KARYAWISATA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS DI RA AZ-ZAHRA

  • Ayi Siti Aminah Rahayu
  • Syafaatun Nahriyah Universitas Majalengka
  • Gilang Maulana Jamaludin Universitas Majalengka

Abstrak

Abstract

 

Metode karyawisata merupakan kegiatan belajar dengan mengunjungi objek tertentu di luar kelas untuk mengamati objek secara langsung, seperti peternakan, perikanan, perkebunan, tempat kerja, dan lain sebagainya. Manfaat dari metode karyawisata yaitu 1) Mempercapat pemahaman siswa, karena langsung datang langsung ke objeknya 2)Mendorongsiswa agar lebih mengenal lingkungan secara baik 3) Melatih siswa bersikap lebih terbuka, objektif, dan luas pandangan mereka terhadap pandangan luar 4)Menambah pengalaman, baik itu siswa maupun guru mempunyai kesempatan untuk mempelajari objek dengan jelas. Sedangkan Sains adalah suatu ilmu pengetahuan tentang alam sekitar yang merupakan proses yang berisikan teori atau konsep yang diperoleh melalui pengamatan dan penelitian.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Pengumpulan data penulis menggunakan pree test dan post test, berupa kemampuan sains anak sebelum penerapan metode karyawisata dan kemampuan sains anak setelah penerapan metode karyawisata yang ditetapkan sampelnya 21 orang. Dari pengolahan data menunjukkan bahwa realitas hubungan kedua variabel tersebut menunjukkan pengaruh yang sangat kuat sebab menghasilkan 0,884, sedangkan derajat pengaruhnya 78,15% dan 21,85% lagi dipengaruhi oleh faktor lain seperti keaktifan anak yang mengikuti pembelajaran. Untuk menguji hubungan penerapan metode karyawisata dengan peningkatan kemampuan sains anak digunakan uji signifikan (uji t) tergolong sangat kuat artinya penerapan metode karyawisata sangat mendukung terhadap kemampuan sains anak di RA Az-Zahra Majalengka hal ini dibuktikan dengan atauthitung 8,235 > ttabel 2,093, maka Ha diterima dan H0 ditolak.

Diterbitkan
2020-02-22
Bagian
Articles