MODEL KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS

(Studi pada Kepemimpinan Kelompok Kerja Kepala Sekolah di Kecamatan Jatitujuh)

Penulis

  • Entis Sutisna Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Majalengka
  • Kamaludin Kamaludin Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Majalengka
  • Yayat Hidayat Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Majalengka
  • M. Saroni Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v4i2.8451

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang Gaya Kepemimpinan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) di Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gaya Kepemimpinan Demokratis Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya penyajian data menggunakan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan di Kantor Ketua K3S, dengan melakukan wawancara kepada empat Kepala Sekolah SD di Kecamatan Jatitujuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) di Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka dengan indikator keputusan dibuat bersama, menghargai potensi bawahan, mendengarkan kritik, saran dan pendapat dari pegawai, dan melakukan kerjasama dengan bawahannya. Dapat dikategorikan bahwa Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) di Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka menggunakana gaya kepemimpinan Demokratis.

Kata Kunci:

Gaya Kepemimpinan, Demokratis, Kelompok Kerja, Kepala Sekolah

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Z., & Muh. Rahbini. (2022). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam, 2(1), 132–147. https://doi.org/10.38073/aljadwa.v2i1.924

Al Khajeh, E. H. (2018). Impact of Leadership Styles on Organizational Performance. Journal of Human Resources Management Research, 1–10.

Amin, M. (2016). Impelementasi Manajemen Strategis Kepala Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Serang. Tarbawi, 2(02), 42–57.

Anggarini, D. N. (2014). Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Mutu SMP Negeri di Kabupaten Pemalang. Educational Management, 3(1), 24–31.

Fitra, R. A. (2013). Pelaksanaan Fungsi Kelompok Kerja Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Koto Tengah Kota Padang. Bahana Manajemen Pendidikan: Jurnal Administrasi Pendidikan, 1(1), 391–461.

Kamaludin, K. (2022). Identifikasi Manajemen Strategis Pada Sekolah Dasar Negeri di Era Disruptif. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 278–289. http://www.putrapublisher.org/ojs/index.php/jipsi/article/view/50

Kamaludin, K. (2023a). How to Improve the Performance of Public Elementary Schools? an Empirical Evidence from Indonesia. Jurnal Prima Edukasia, 11(2), 235–246. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpe.v11i2.60290

Kamaludin, K. (2023b). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubahan Dalam Pemberdayaan Warga Sekolah. Jurnal Wahana Pendidikan, 10(2), 249–258. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/jwp.v10i2.11309

Khodijah, S. (2021). Efektivitas Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Dasar Negeri dalam Penyusunan Rencana Kerja di Desa Lumpatan Kabupaten Musi Banyuasin. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(3), 186–195. https://doi.org/10.52690/jitim.v1i3.144

Muspawi, M. (2020). Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 402–409. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.938

Panuju, R., & Fahrullah, A. (2022). Gaya Kepemimpinan Muslim Dalam Meningkatkan Etos Kerja Pendidik SDIT AL- Madinah Kebumen. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 4(3), 174–187.

Santoso, A., Achmad, A., & Wardana, M. I. (2019). Pengaruh Program Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Musyawarah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (MKKKS) terhadap Peningkatan Kinerja Guru di Kabupaten Kutai Kartanegara. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 7(1), 71–85. https://doi.org/10.21093/sy.v7i1.1655

Shava, G. N. (2021). Principal leadership and school performance: Integrating instructional and transformational leadership in South African schools context. International Journal of Education and Learning, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.31763/ijele.v3i1.119

Unduhan

Abstract Views : 55
Downloads Count: 52

Diterbitkan

2023-04-30

Terbitan

Bagian

Articles