https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/issue/feed JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan 2024-04-30T12:54:44+07:00 Dr. Hj. Diny Kristianty W, Drs. M.Pd.I., diny98765@gmail.com Open Journal Systems <p>Jurnal Madinasika sebagai media ilmiah di bidang manajemen pendidikan Islam bagi akademisi, peneliti, praktisi/guru, dan pemerhati untuk menerbitkan artikel hasil penelitian atau artikel konseptual (gagasan) tentang masalah dan perkembangan pendidikan Indonesia.</p> <p>Ruang lingkup dari artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini meliputi:<br />Manajemen pendidikan islam, manajemen pendidikan, kepemimpinan pendidikan islam, kepemimpinan pendidikan, pengembangan profesi guru, dan bidang lain yang relevan.</p> <p><span style="font-size: 0.875rem;">.</span></p> https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/7689 MENELUSURI MEDIA PEMBELAJARAN: SOLUSI KREATIF UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR 2024-04-02T14:30:40+07:00 Rabeka Putri Aini rabekaputriaini17@gmail.com <p>Keterbatasan aksesibilitas dan variasi media pembelajaran IPA di tingkat SD menghambat efektivitas proses pembelajaran sehingga menimbulkan tantangan dalam mencapai tujuan pendidikan yang optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk menelusuri media pembelajaran sebagai solusi kreatif untuk pembelajaran IPA di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode <em>Systematic Literature Review</em>. Langkah penelitian meliputi pengumpulan data, analisis data, verifikasi, kombinasi dan menyimpulkan artikel yang relevan terkait pengetahuan yang dibahas. Referensi literatur yang digunakan dalam artikel penelitian ini diperoleh dari Google Scholar, Garuda, Semantic Scholar, DOAJ, Taylor and Francis, dan Scopus. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat beragam media pembelajaran yang bisa digunakan sebagai referensi saat melakukan pembelajaran IPA di sekolah dasar. Media yang banyak digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar yaitu media NearPod, Komik, <em>Articulate Storyline</em>, <em>Augmented Reality</em>, Komik Digital, <em>Wordwall</em>, Video Animasi, <em>EDpuzzle</em>, dan SVVR (<em>Spherical Video-based Virtual Reality</em>). Melalui penggunaan media pembelajaran, kemampuan sains yang banyak dikembangkan dalam pembelajaran IPA di SD pada peningkatan minat belajar siswa.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Rabeka Putri Aini https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/7811 SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: MEDIA BERBASIS DIGITAL PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR 2024-04-02T14:27:27+07:00 Sri Nengsih nengsih.sri2002@gmail.com Yuyun Dwi Haryanti yuyundwiharyanti@gmail.com <p>Pembelajaran IPA dengan menggunakan media yang kurang menarik membuat siswa kurang berminat dalam belajar, akhirnya menyebabkan siswa sulit dalam memahami materi dan sulit dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Media pembelajaran yang menunjang dalam proses pembelajaran yang menarik adalah media pembelajaran berbasis digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media berbasis digital pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literasture Review (SLR). Penelitian ini dimulai dengan melakukan <em>review</em> dan mengidentifikasi artikel yang sudah dikumpulkan secara terstruktur. Artikel-artikel yang digunakan diperoleh dari <em>Google Scholar, Erik Journal, dan Scopus</em> dengan rentang tahun 2018-2023. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat beragam media pembelajaran digital yang digunakan dalam pembelajaran IPA di sekolah Dasar, seperti <em>flipbook</em>, komik digital, <em>e-scrapbook,</em> ular tangga digital, <em>google sites</em>, e<em>thno-STEM</em><em>, </em><em>Quizwhizzer</em><em>, </em>multimedia interaktif, dan instagram. Oleh karena itu, penggunaan media digital dalam proses pembelajaran IPA akan menjadikan pembelajaran menjadi lebih efektif dan menarik.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Sri Nengsih, Yuyun Dwi Haryanti https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/7812 KERAGAMAN PERANGKAT LUNAK MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR 2024-04-02T14:24:13+07:00 Rohatul Fikriyah Safira rohatulfikriyah@gmail.com Dede Salim Nahdi dedesalimnahdi@gmail.com <p>Media belajar IPA sekolah dasar yang masih monoton dan di bawah standar memberikan dampak pada belum efektifnya terhadap pembelajaran. Keberagaman media sangat menunjang untuk keberlangsungan proses pembelajaran, salah satunya penggunaan multimedia interaktif berbasis digital. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan mengenai multimedia interaktif berbasis digital pembelajaran IPA di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode <em>Systematic Literatur Review</em>. Langkah penelitian meliputi mencari, menelaah, mengevaluasi, menginterpretasi, meringkas, dan menyimpulkan artikel yang relevan terkait pengetahuan yang dibahas. Penelusuran artikel diperoleh dari Google Scholar, Eric Journal, dan Scopus. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat beragam perangkat lunak yang dapat membantu mengembangkan multimedia interaktif antara lain Adobe Animate, Adobe Flash Professional, Articulate Storyline, Augmented Reality, Construct 2, Lectora Inspire, PowerPoint, iSpring Suite, Smart Apps Creator, dan Unity. Karakteristik dari multimedia interaktif adalah memiliki sifat interaktif yang difasilitasi dengan animasi, adanya keterlibatan siswa untuk aktif, praktis, dan fleksibel. Melalui penggunaan multimedia interaktif dapat memberikan dampak positif pada peningkatan aktivitas belajar, motivasi belajar, pemahaman konsep, berpikir kritis, literasi sains, hasil belajar, dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran IPA.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Rohatul Fikriyah Safira, Dede Salim Nahdi https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/7686 SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA 2024-04-02T14:34:39+07:00 Reza Nurropidah nurropidahreza@gmail.com E. Kosmajadi singa_wangsa@yahoo.com <p>Perkembangan pendidikan di abad 21 menuntut kemampuan berpikir kritis pada siswa, tetapi model pembelajaran yang diterapkan oleh guru masih menggunakan metode tradisional sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu menjelaskan dan memberikan wawasan tentang model pembelajaran <em>reciprocal teaching</em> yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Penelitian ini menggunakan tinjauan pustaka dengan teknik <em>Systematic Literature Review</em>. Langkah yang ditempuh meliputi pencarian, peninjauan, interprestasi, dan analisis terdahap semua artikel tentang model pembelajaran <em>reciprocal teching</em> pada rentang waktu 2018 hingga 2023. Sumber referensi yang diperoleh yaitu dari database <em>Semantic Scholar</em><em>,</em> <em>Google Scholer</em>, dan <em>Publish Or Perish. </em>Hasil analisis data menyatakan bahwa model <em>reciprocal teaching</em> dapat di jadikan sebagai salah satu pilihan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditempuh melalui penerapan model <em>reciprocal teaching</em> sehingga dapat dijadikan pertimbangan pendidik dalam menerapkannya pada proses pembelajaran didalam ruangan kelas.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Reza Nurropidah, E. Kosmajadi https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/7564 PENGARUH KOMPENSASI DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MELALUI KEPUASAN KERJA 2024-04-02T14:19:03+07:00 Agung Kuswantoro agungbinmadik@mail.unnes.ac.id Eri Windiarti eriwindiarti255@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan pengaruh kompensasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja Guru melalui kepuasan kerja. Penelitian ini dilakukan di SMK Teuku Umar Semarang dengan sampel berjumlah 37 guru. Data dikumpulkan melalui metode angket sehingga jenis penelitian ini ialah kuantitatif. Analisis data memakai metode analisis statistic deskriptif dan analisis jalur (<em>path analysis</em>) melalui aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitiannya menunjukan terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara X1 dengan Y melalui Z sebesar 0,175, terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara X2 dengan Y melalui Z sebesar 0,145. Dapat disimpulkan kompensasi, kepemimpinan Kepala Sekolah, kepuasan berpengaruh langsung terhadap kinerja guru di SMK Teuku Umar Semarang. Sedangkan kompensasi dan Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja di Sekolah Menengah Kejuruan Teuku Umar Semarang. Kompensasi dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Keterbatasan penelitian ini adalah subjek penelitian hanya kinerja guru saja, sebaiknya penelitian selanjutnya subjek lebih luas lagi.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Agung Kuswantoro, Eri Windiarti https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/8267 OPTIMALISASI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN SISWA 2024-03-01T10:50:51+07:00 Azizah Nur Fitriana azzhnft@student.uns.ac.id Muthiara Nur Aisah mtrnuraisyah@student.uns.ac.id Emanuella Intan Rianto emanuellaint@student.uns.ac.id Ridwan Widakdo ridwanwidakdo@student.uns.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kelas yang efektif dalam pembelajaran dapat berpengaruh pada penumbuhan motivasi dan meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan penerapan kualitatif dengan metode studi pustaka, literasi jurnal dan melakukan reset data melalui jurnal-jurnal penelitian ilmiah. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kelas yang efektif dapat meningkatkan semangat belajar siswa dan meningkatkan kedisiplinan siswa dengan menerapkan beberapa peraturan yang harus diterapkan dan terdapat sebuah sanksi yang berguna untuk memberikan rasa senggan dalam melanggar aturan yang diterapkan oleh guru didalam kelas. </p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Azizah Nur Fitriana, Muthiara Nur Aisah, Emanuella Intan Rianto, Ridwan Widakdo https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/8946 SISTEM PENGELOLAAN PENGGAJIAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SD NEGERI BABAT JERAWAT II 2024-04-25T15:59:37+07:00 Hanifa Rahma Agustiah hanifarahma.23235@mhs.unesa.ac.id Aisyah Aaqila Ghaisani aisyah.23178@mhs.unesa.ac.id Syunu Trihantoyo syunutrihantoyo@unesa.ac.id <p>Penggajian guru dan tenaga kependidikan merupakan bagian penting dari sistem Pendidikan karena guru dan tenaga kependidikan merupakan aset utama dalam menyediakan Pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengelolaan penggajian guru dan tenaga kependidikan di SD Negeri Babat Jerawat II. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa penggajian pendidik dan tenaga kependidikan di SD Negeri Babat Jerawat II berasal dari dinas pendidik dan nominalnya pun telah ditentukan oleh dinas Pendidikan, gaji yang diberikan pihak dinas Pendidikan kepada pihak sekolah akan langsung diberikan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan, sehingga penggajian di SD Negeri Babat Jerawat II tidak memiliki masalah. Ada beberapa peraturan dan kebijakan yang mempengaruhi penggajian guru dan tenaga kependidikan, seperti Upah Minimum Regional (UMR), Peraturan Daerah, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Penggajian guru dan tenaga kependidikan di sekolah dikelola oleh beberapa orang salah satunya adalah bendahara sekolah yang merupakan orang yang bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan sekolah, termasuk penggajian guru dan tenaga pendidik.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Hanifa Rahma Agustiah, Aisyah Aaqila Ghaisani, Syunu Trihantoyo https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/7676 PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA SEKOLAH DASAR 2024-04-02T14:40:16+07:00 Sekar Marzan Shaffiyah sekarshaffiyah78@gmail.com E. Kosmajadi singa_wangsa@yahoo.com <p>Ada empat komponen yang membentuk kemampuan berbahasa: berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Salah satu komponen kemahiran berbahasa yang diperlukan adalah menulis, terutama dalam hal menyampaikan konsep, sentimen, dan ide dalam esai yang mungkin fiksi atau nonfiksi. Hampir tidak mungkin untuk memisahkan tulisan dari keberadaan manusia. Untuk mengumpulkan data untuk teknik ini, setiap artikel yang diterbitkan antara tahun 2018-2023 yang berhubungan dengan keterampilan menulis. Artikel yang digunakan bersumber dari LIPI, DOAJ, dan Google Scholar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerepan model pembelajaran kooperatif Think Talk Write (TTW) terhadap keterampilan menulis siswa SD berbantu media Gambar berseri yang merupakan jenis media pembelajaran yang umum digunakan dalam Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write (TTW), hal ini terbukti meningkatkan kemampuan menulis siswa berdasarkan penelitian dan analisis data.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Sekar Marzan Shaffiyah, E. Kosmajadi