PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI MELALUI PEMBERIAN MOTIVASI OLEH CAMAT: SEBUAH STUDI DI KANTOR KECAMATAN MAJA KABUPATEN MAJALENGKA

  • Dewi Maharani Universtas Majalengka
Keywords: Motivasi, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat pegawai mengenai motivasi dan kinerja pegawai, penulis menggunakan kuesioner/angket dengan mengambil sampel sebanyak 35 orang pegawai. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel acak (random sampling). Dari hasil penelitian dan pembahasan, maka disimpulkan bahwa pemberian motivasi oleh Kepala Dinas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pegawai di Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Majalengka. Hal ini berarti bahwa perubahan pemberian motivasi oleh Kepala Dinas akan mempengaruhi perubahan kinerja kinerja pegawai pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Majalengka. Pelaksanaan pemberian motivasi oleh Kepala Dinas dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai pada Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Majalengka dapat dikatakan sudah berhasil. menerapkan azas-azas pemberian motivasi. Hal ini terlihat dari rata-rata rekapitulasi nilai tertinggi dalam azas-azas pemberian motivasi oleh Kepala Dinas yang sudah mencapai 86,85% dan sebanyak 74,76% responden percaya bahwa motivasi tersebut mempengaruhi kinerja pegawai pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Majalengka.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Deewar, Mahesa. 2010. Analisis Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Lama Kerja sebagai Variabel Moderating (Studi pada PT. Coca Cola Amatil Indonesia (Central Java)). Skripsi. Fakultas Ekonomi. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ernawati Ita. (2011). “Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi pada CV. Graha Indah Furniture Jepara”. Universitas Negeri Semarang.
Firnidia linda. 2008. Pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai dinas pendidikan dan kebudayaan.
Hammed, T. Ayo, Shadare, Oluseyi .A and. 2009. “Influence of Work Motivation, Leadership Effectiveness and Time Management on Employees’ Performance in Some Selected Industries in Ibadan, Oyo State, Nigeria”. European Journal of Economics. 1(16): pp: 8-17.
Hasibuan, Malayu S.P 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan,. Bandung, PT. Bumi Aksa.
Hasibuan, Malayu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi. Aksara.
Krisnadi W. 2014. Pengaruh Kompensasi Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Motivasi dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Daerah Istimewa Yogyakarta. Tesis. Program Pascasarjana. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Lee, Y. K., Nam, F. H., Park, D. H., & Lee, K. A. (2006). What factors influence customer-oriented prosocial behavior of customer-contact employees? Journal of Services Marketing, 20(4), 251–264.
Murti, H., & Srimulyani, V. A. (2013). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Variabel Pemediasi Kepuasaan Kerja Pada Pdam Kota Madiun. JRMA Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 10–17.
Robbins, S.P. (2006). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Edisi Kelima. (Terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sari, Emilia Noviani Asta. 2009. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi PT. Glory Industrial Semarang II. Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Musriha. 2011. Influences Of Work Behavior, Work Environment And Motivation In Clove Cigarette Factories In Kudus, Indonesia.Academic Research International. ISSN: 2223- 9553 Volume 1, Issue 3, November 2011.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung : ALFABETA.
Published
2020-07-29
Section
Articles