PELAKSANAAN MOTIVASI OLEH KEPALA DINAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MAJALENGKA

  • Amiruddin Setiawan Universtas Majalengka
Keywords: Motivasi, Kinerja Pegawai

Abstract

Penulis melaksanakan penelitian untuk mengetahui sejauhmana hubungan motivasi dengan kinerja pegawai Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majalengka. Permasalahan berdasarkan hasil temuan yang didapatkan karena Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majalengka  dalam pelaksanaan motivasinya belum optimal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta angket, mengolah dan menilai jawaban angket. Berdasarkan hasil analisa data dari jawaban angket yang disebarkan kepada responden, ternyata penerapan asas-asas motivasi oleh Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majalengka baru mencapai rata-rata 62,70 % dengan rincian sebagai berikut : (1) Asas mengikutsertakan (68,00 %). (2) Asas Komunikasi (60,00 %). (3) Asas pengakuan (62,30 %). (4) Asas wewenang yang didelegasikan (61,00 %). (5) Asas perhatian timbal balik (62,30 %). Selanjutnya mengenai tingkat pencapaian kinerja pegawai baru mencapai rata-rata 63,00 %. Memperhatikan hasil penerapan asas-asas motivasi yang baru mencapai rata-rata 62,70 % ternyata berpengaruh terhadap pencapaian kinerja pegawai yang baru mencapai 63,00 %.Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan yaitu : “Jika pelaksanaan motivasi oleh Kepala Dinas   berdasarkan asas-asas  motivasi, maka kinerja pegawai pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil  Kabupaten Majalengka meningkat ”, teruji dan dapat diterima.

References

Arikunto. Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rhineka Putra.
Fahmi,Irham, (2010). Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi ,Bandung :Alfabeta
Handayaningrat. Soewarno. (1998). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Managemen. Jakarta : CV. Haji Masagung.
Hasibuan. Malayu , SP. (2006). Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah. Jakarta : Gunung Agung.
(1991). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gunung Agung.
Moeheriono, (2009), Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi .Jakarta : Ghalia Indonesia.
Munandar,Haris.(1991), 13 Rahasia Kinerja Kekuatan. Bandung : Alumni.
Pamudji , S , (1984) , Praktek Organisasi dan Metode , Jakarta , PPPDN.
Sarwoto. (1986). Dasar-Dasar Organisasi dan Manajemen. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Siagian, Sondang, P. (1997). Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Bandung : Sinar Baru.
(2006). Filsafat Administrasi. Bandung : Bumi Aksara.
Sugiyono , (2005), Metode Penelitian Administrasi , Bandung , Alfabeta
Suyadi, (1999). Kebijakan Kinerja Karyawan, Jakarta : Gunung Agung
Wibowo , (2010). Manajemen Kinerja . Jakarta : Rajawali Pres.
Winardi , (1986), Asas-Asas Manajemen , Bandung , Alumni.
Tim Penyusun Kamus, (1999). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Published
2020-07-29
Section
Articles