Pelaksanaan Kepemimpinan Ketua Karang Taruna Di Desa Talaga Kulon Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pelaksanaan kepemimpinan ketua Karang Taruna di Desa Talaga Kulon, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini mengeksplorasi dimensi-dimensi kepemimpinan, seperti perencanaan program, pemberian motivasi, pengelolaan komunikasi, dan hambatan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun ketua Karang Taruna berupaya melaksanakan tugasnya dengan baik, terdapat sejumlah kendala yang menghambat efektivitas organisasi. Kendala utama yang ditemukan adalah kurangnya partisipasi pemuda, keterbatasan anggaran, serta perbedaan prioritas antara pihak desa dan organisasi Karang Taruna. Kurangnya kesadaran pemuda terhadap pentingnya kegiatan sosial serta dominasi individualisme menjadi faktor penghambat dalam pemberdayaan pemuda di desa tersebut. Kesimpulannya, diperlukan strategi kepemimpinan yang lebih adaptif, peningkatan sosialisasi, serta dukungan anggaran dan fasilitas yang lebih memadai agar Karang Taruna dapat menjalankan fungsinya secara optimal dalam memberdayakan generasi muda di Desa Talaga Kulon
Kata Kunci:
Kepemimpinan, Karang Taruna, pemberdayaan pemuda, desa, partisipasi sosialUnduhan
Referensi
Buku
Ambarwati, Arie. 2018. Perilaku dan Teori Organisasi. Malang: Media Nusa Creative.
Anggara, Sahya. 2015. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Anggara, Sahya. 2016. Ilmu Administrasi Negara. Bandung: CV. Pustaka Setia Daerah, B. K., & Yogyakarta, K. 2011. Teori kepemimpinan.
Handayaningrat, Soerwono, 2006, pengantar ilmu administrasi dan manajemen,
gunung agung, Jakarta.
Karuniawati, Rida, Nindya, Andry, Nindya, Sigit, Hendrik. 2022. Statistik Pemuda Indonesia : Badan Pusat Statistik.
Karyadi, M. 198 Kepemimpinan (leadership) Bandung: Karya Nusantara
Kartono, Kartini. 2013. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada,
Muhammad. 2019. Pengantar Ilmu Administrasi Negara. Lhokseumawe: Unimal Press.
Pasolong, Harbani. 2020. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta
Pramudji, 2002. Kepemimpinan pemerintahan di indonesia. Bumi aksara. Sani, abdul. 2007. Manajemen Organisasi. Ghalia Indonesia, Jakarta.
Sarros, J. C. & Butchatsky, B., 1996, Leadership: Australias’s Top CEOs: Finding out What Makes Them the Best, Sydney: Harper Collins Publishers, hlm. 215.
Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo persada,
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Siagian.P.sondang. 1990. Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi.
Jakarta: Bumi Aksara.
Sutarno, 2006, Dasar-dasar kepemimpinan Administrasi
Jurnal
Alam, C. S. (2020). Peran Pemuda dalam Pembangunan Desa. WordPress.Org, 2(1),3842.https://ejournal.anotero.org/index.php/tasnim%0Ahttps://www.bak tinusa.id/peran-pemuda-dalam-pembangunan-desa/
Arief, M.R., & Adi, A. S. (2014). Peran Karang Taruna dalam Pembinaan Remaja di dusun candi Desa Candinegoro Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. KajianMoraldanKewarganegaraan,2(1),190205.http://ejournal.unesa.ac.id/in dex.php/jurnalpendidikankewarganegaraa/article/view/6700
Aurelius, F. (2018). Peran Karang Taruna Ata Natar Dalam Membentuk Sikap Kepemimpinan Pemuda Di Desa Langir Kecamatan Kangae Kabupaten Sikka. 3(1), 25-32.
Nursyamsu, R. (2018). Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pemuda Dan Pembuatan Program Kerja Pada Organisasi Pemuda Desa Cibinuang, Kabupaten Kuningan. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(02), 37–44. https://doi.org/10.25134/empowerment.v1i02.1572
Sawitri, N., & Kisworo, B. (2013). Partisipasi Pemuda Dalam Program Karang Taruna Desa (Studi Pada Pemuda Di Dusun Kupang Kidul Desa Kupang Kecamatan Ambarawa). Journal of Non Formal Education and Community Emprowerment, 2(2), 39-34.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pernyataan Hak Cipta: Japri menggunakan lisensi Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0). Dengan lisensi ini, penulis mempertahankan hak cipta atas karya mereka, sementara pembaca diizinkan untuk menyalin, mendistribusikan, dan memodifikasi artikel, selama atribusi yang sesuai diberikan kepada penulis asli dan karya turunan dilisensikan dengan cara yang sama.