Pengaruh Karakteristik Wajib Pajak, Kualitas pelayanan, Sanksi Pajak dan Inovasi Sistem Drive Thru terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Pati

Penulis

  • Afra Mei Listiana Universitas Dian Nuswantoro Semarang
  • Retno Indah Hernawati Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.31949/jaksi.v5i1.7843

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesadaran wajib pajak, kewajiban moral,
pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan, sanksi pajak dan sistem drive thru terhadap kepatuhan
wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Pati. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak
kendaraan bermotor yang membayarkan pajaknya melalui sitem drive thru, sedangkan sampelnya
adalah wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Pati berjumlah 100 orang. Metode pengambilan
datanya menggunakan accidental sampling dengan cara penyebaran kuesioner. Teknik analisis
menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kesadaran
wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sistem drive thru tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib
pajak, sedangkan untuk variabel kewajiban moral, sanksi pajak dan pengetahuan perpajakan
berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak.

Kata Kunci:

kesadaran wajib pajak, kewajiban moral, kepatuhan wajib pajak, kualitas pelayanan, pengetahuan perpajakan, sistem drive thru

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Abstract Views : 74
Downloads Count: 172

Diterbitkan

2024-02-13