PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP INTELLECTUAL CAPITAL DISCLOSURE (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015 - 2018)

Authors

  • Mochamad Febri Sayidil Umam

DOI:

https://doi.org/10.31949/j-aksi.v1i1.174

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bukti empiris tentang pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap intellectual capital disclosure. Ukuran perusahaan diukur dengan logaritma natural (Ln) total aset, profitabilitas diukur dengan return on asset, dan intellectual capital disclosure diukur dengan intellectual capital disclosure index. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015 – 2018.

Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 9 perusahaan selama 4 tahun, sehingga total observasi dalam penelitian ini menjadi 36 perusahaan. Metode yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan verifikatif. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap intellectual capital disclosure.

 

 

Keywords:

ukuran perusahaan, profitabilitas, intellectual capital disclosure

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mochamad Febri Sayidil Umam

 

 

Downloads

Abstract Views : 368
Downloads Count: 501

Published

2020-03-10