ANALISIS FENOMENA FLY PAPER EFFECT DALAM BELANJA DESA BERDASARKAN PENDAPATAN ASLI DESA, DANA DESA DAN ALOKASI DANA DESA

  • HANI SRI MULYANI
Keywords: pendapatan asli desa, dana desa, alokasi dana desa, belanja desa

Abstract

Komponen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) memuat beberapa jenis komponen pendapatan desa yang mempengaruhi belanja desa, terdiri dari Pendapatan Asli Desa (PADes) yang didalamnya terdiri dari hasil usaha desa (BUMDES), hasil kekayaan desa, hasil swadaya dan partisipasi masyarakat. Dana transfer seperti Dana Desa (DD)yang berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten/kota, bagi hasil pajak kabupaten atau kota, pendapatan bagian dari retribusi kabupaten atau kota, Alokasi Dana Desa (ADD) dan bantuan keuangan dari pemerintah. Dalam penelitian ini penyusun hanya memfokuskan pada komponen pendapatan asli desa, dana desa dan alokasi dana desa saja, karena ketiga komponen tersebut adalah komponen yang sangat mempunyai peran penting dalam memenuhi kebutuhan belanja desa yang digunakan untuk membangun dan memajukan desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan asli desa, dana desa dan alokasi dana desa terhadap belanja desa pada desa se-Kabupaten Majalengka periode 2016-2017.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah desa se-Kabupaten Majalengka. Dengan menggunakan sampel jenuh, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 330 desa dikalikan dengan 2 tahun pengamatan menjadi 660 sebagai data sampel penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel pendapatan asli desa,dana desa dan alokasi dana desa berpengaruh signifikan terhadap belanja desa baik secara parsial maupun simultan

 

 

Author Biography

HANI SRI MULYANI

 

 

Published
2020-03-10
Section
Articles