PENGARUH LIKUIDITAS, SOLVABILITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2015-2019

  • Yogi Ginanjar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka
  • Melia Wida Rahmayani Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka

Abstract

Terjadinya de-listing beberapa perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia (BEI) disebabkan karena kesulitan keuangan atau berada pada kondisi financial distress. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas terhadap financial distress. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif dan varivikatif.

Populasi dalam penelitian ini adalah 40 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2018. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling, yang diperoleh 20 perusahaan dengan 80 data sampel. Analisis data menggunakan analisis regresi logistik. Data diproses menggunakan bantuan program SPSS dan Microsoft Excel.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap financial distress,  solvabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap financial distress, dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap financial distress. Likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap financial distress.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-01