Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar

Authors

  • Farhamna Maulida Maharuli Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Zulherman Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.966

Keywords:

media pembelajaran, materi IPA, covid-19, video pembelajaran

Abstract

Dunia yang sedang ditimpa oleh penyakit Corona Virus Disease (Covid-19), membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk melakukan proses belajar dari rumah. Hal tersebut membuat para pendidik untuk menggunakan teknologi sebagai perantara dalam pemberian materi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui media yang biasa digunakan selama proses belajar dari rumah, materi IPA yang perlu penguatan pemahaman, dan kebutuhannya video sebagai penambah pemahaman siswa. Penilitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dalam bentuk kuesioner yang dikategorikan sesuai kebutuhan target dan kebutuhan pembelajaran. Didapatkan hasil bahwa penggunaan media video (66,7%), powerpoint (83,3%), dan e-book (33,3%). Jika dalam materi IPA yang kurang dipahami siswa yakni cahaya (47,7%), gaya (33,3%), energi (29,2%), dan makhluk hidup (18,5%). Dan hasil untuk pentingnya video pembelajaran bagi siswa (95,4%) dan menurut guru (100%). Sehingga dapat kesimpulan bahwa para pendidik lebih menggunakan media powerpoint selama proses belajar dirumah, dan materi IPA yang kurang dipahami merupakan cahaya, sehingga perlunya video pembelajaran sebagai peningkatan pemahaman tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-15

How to Cite

Maharuli, F. M., & Zulherman, Z. . (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 265–271. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.966

Issue

Section

Articles